Barcelona gasak Real Madrid di Bernabeu

Barcelona sukses membuat Real Madrid menderita dengan kemenangan 3-0 dalam duel El Clasico di ajang La Liga Spanyol di Santiago Bernabeu, Sabtu (23/12) malam WIB.

Tiga gol Barcelona tercipta di babak kedua, masing-masing dicetak oleh Luis Suarez, Lionel Messi, dan Aleix Vidal. Real Madrid harus bermain dengan sepuluh pemain sejak Dani Carvajal mendapat kartu merah pada menit ke-63.

Dengan kemenangan ini, Azulgrana berada di atas angin dalam pesaingan gelar. Klub besutan Ernesto Valverde itu kini unggul 14 poin atas Los Blancos, dengan sang rival menyimpan satu pertandingan di tangan. Tim asal Catalan itu kini unggul sembilan angka dari pesaing terdekat, Atletico Madrid.

Ketika pertandingan baru berjalan dua menit, Real Madrid sempat memimpin lewat situasi sepak pojok. Umpan tendangan sudut Casemiro mampu diteruskan Ronaldo sehingga berbuah gol, namun dianulir wasit karena sang striker sudah dalam posisi off-side.

Pada menit kelima, Marc-Andre ter Steger dipaksa melakukan penyelamatan pertamanya. Carvajal melepaskan tendangan jarak jauh, namun bola mengarah tepat kepada sang kiper sehingga bisa ditangkap.

Peluang bagus didapat Cristiano Ronaldo pada menit kesepuluh. Real Madrid menekan dari sisi kiri dan sebuah bola mendatar mengarah kepada striker asal Portugal itu, yang sebenarnya mendapat ruang, namun ia tidak mampu melakukan finishing dengan baik. Bola kemudian mengarah kepada Carvajal, namun ada Andres Iniesta yang langsung melakukan blok di dalam kotak penalti.

Peluang pertama Barcelona baru didapat ketika pertandingan sudah memasuki menit ke-30. Passing brilian dari Messi mengarah kepada Paulinho, yang kemudian melepaskan tendangan voli first-time, namun bisa dihalau Keylor Navas.

Satu menit berselang, Real Madrid nyaris memecahkan kebuntuan. Ronaldo bergerak dari sisi kiri dan melepaskan tendangan mendatar dengan kaki kirinya ke arah gawang, namun mampu dihalau dengan kaki Ter Stegen.

Pada menit ke-34, Real Madrid kembali mendapat peluang. Ronaldo mengirim umpan mendatar yang berbahaya, namun ada Gerard Pique dan Thomas Vermaelen yang mampu mengatasi usaha Karim Benzema untuk memanfaatkan bola.

Navas melakukan penyelamatan gemilang lagi pada menit ke-39. Messi bergerak dari sisi kiri dan kemudian mengirim umpan crossing ke arah kotak penalti yang mampu diteruskan dengan tendangan Paulinho, namun bisa diamankan Navas.

Benzema nyaris mencetak gol pada menit ke-42. Marcelo mengirim umpan crossing ke arah kotak penalti dan ada Benzema yang meneruskan dengan sundulan kepala, meski sempat dikawal Vermaelen, namun bola hanya menerpa mistar gawang.

Di babak kedua, tepatnya pada menit ke-47, Ronaldo mengancam dengan tendangan dari dalam kotak penalti, namun hanya menyamping.

Barcelona akhirnya bisa memecahkan kebuntuan pada menit ke-54. Berawal dari usaha Sergio Busquets di pertahanan dengan mengirim passing kepada Ivan Rakitic. Pemain terakhir mengirim umpan jauh ke arah Roberto, yang melepaskan passing first-time sempurna kepada Luis Suarez. Striker asal Uruguay itu mencetak gol dengan tendangan first-time dan bola mengalir di bawah Navas sehingga tidak bisa dihalau sang kiper.

Petaka bagi Real Madrid terjadi pada menit ke-63. Carvajal harus diusir dari lapangan setelah mendapat kartu merah langsung akibat sengaja menahan bola dengan tangannya di dalam kotak penalti atas tendangan Paulinho. Penalti diberikan untuk Barcelona.

Messi dengan sempurna mengeksekusi tendangan penalti sehingga membuat Barcelona unggul lagi menjadi 2-0.

Barcelona nyaris mencetak gol lagi pada menit ke-70 andai Navas tidak menggagalkan tendangan mendatar Messi.

Ter Stegen kembali beraksi untuk mengamankan gawangnya pada menit ke-79 atas usaha Gareth Bale yang masuk ke kotak penalti dari sisi kiri dan melepaskan sepakan ke pojok gawang, namun mampu diantisipasi dengan baik oleh sang kiper.

Messi nyaris mencetak gol keduanya di pertandingan pada menit ke-88 andai tendangan voli first-time-nya tidak bisa diantisipasi dengan baik oleh Navas.

Pemain pengganti, Vidal, ikut mencetak gol untuk Barcelona di masa injury time dengan memanfaatkan cutback dari Messi dengan sontekan yang melambung dan bola masuk ke dalam gawang, tanpa bisa digapai Navas.

SUSUNAN PEMAIN:

REAL MADRID STARTING XI: Navas; Carvajal, Varane, Ramos, Marcelo; Casemiro, Modric, Kroos, Kovacic; Ronaldo, Benzema.

BARCELONA STARTING XI: Ter Stegen; Roberto, Pique, Vermaelen, Alba; Busquets, Iniesta, Rakitic, Paulinho; Messi, Suarez.

Comments