Tiga partai akbar di 16 besar Liga Champions

Xabi Alonso menjadi tamu sepesial sore ini. Dengan senyum tipisnya, mantan pemain Liverpool dan Munchen membuka satu per satu bola undian untuk  pot pemenang grup. Banyak partai besar yang bakal terjadi di 16 besar Liga Champions. Juventus bersua Tottenham Hotspur, Chelsea terpaksa meladeni Barcelona lebih awal, dan Real Madrid bakal menjajal kekuatan Neymar dan kawan-kawan.

Berlangsug di markas UEFA, perwakilan tim duduk berjejer menunggu lawan mana yang akan dihadapi. Pertandingan pertama langsung mengejutkan. Merupakan satu-satunya laga di mana perwakilan Italia bertemu wakil Inggris. Biasanya wakil kedua negara tersebut jika bertemu di Liga Champions, menyajikan permainan menarik karena saling mengisi dalam gaya permainan.

Antonio Conte pasti was-was melihat lawannya di Februari mendatang. Barcelona sedang dalam performa yang stabil. Dua pertandingan terakhir di Liga Champions dan La Liga berakhir dengan kemenangan yang sama, 2-0. Sedangkan Chelsea mulai resah ditinggal pemimpin klasemen Liga Primer Inggris yang kini berjarak 14 poin. The Blues terbilang sering berhadapan dengan El Barca di Liga Champions. Sejak tahun 2006 mereka bertemu sebanyak 8 kali. Chelsea dua kali menang dan sekali kalah, sisanya imbang. Pertemuan terakhir mereka pada babak semifinal tahun 2012 dimenangkan Chelsea dengan agregat skor 3-2.

Sedangkan Madrid dan PSG pernah berada satu grup pada dua musim lalu. Pertemuan pertama di Santiago Bernabeu dimenangkan Los Blancos dengan skor tipis 1-0. Di Paris, PSG gagal membalas kekalahannya karena harus puas berbagi poin. Melihat peta kekuatan kedua tim musim ini, PSG akan lebih percaya diri. Tim asuhan Unai Emery berada di posisi puncak, selisih sembilan poin dengan Lyon di posisi kedua. Sebaliknya, Real Madrid menjalani musim ini di La Liga dengan jatuh bangun. Tertingal delapan poin dari Barcelona.

Laga lain di 16 besar Liga Champions tak kalah menarik untuk disimak. Inilah hasil keseluruhan pengundian di fase gugur musim 2017/18:

  1. Juventus vs Tottenham Hotspur
  2. FC Basel vs Manchester City
  3. Porto vs Liverpool
  4. Sevilla vs Manchester United
  5. Real Madrid vs Paris Saint-Germain
  6. Shakhtar Donetsk vs AS Roma
  7. Chelsea vs Barcelona
  8. Bayern Munchen vs Besiktas

 

Comments