Barcelona mantap di puncak klasemen

Barcelona kembali aman dari kejaran pesaing terdekatnya di klasemen La Liga Spanyol, setelah menang 2-0 atas Villareal, Senin (11/12) dini hari.

Barca tampil percaya diri meski bermain dengan status tim tamu, kala menghadapi Villareal, di El Madrigal. Baru di menit empat, mereka mengancam gawang tuan rumah melalui sundulan Gerard Pique yang membentur gawang.

Villareal membalas peluang itu lewat upaya cantik Roberto Soriano setelah menerima umpan Mario Gaspar dari sisi kanan. Sayang, tendangan voli Soriano masih bisa dimentahkan Marc-André ter Stegen. Sepakan Lionel Messi dari situasi tendangan bebas di menit 22 dan dari luar kotak pinalti lima belas menit setelahnya juga belum mampu menggetarkan gawang Sergio Asenjo.

Cedric Bakambu menutup babak pertama dengan dribel kencang dari sisi kiri dan diakhiri tendangan yang masih melenceng. Kedudukan masih sama kuat 0-0.

Messi kembali hampir menjebol gawang Asenjo jika saja placing mendatarnya setelah menerima umpan Jordi Alba di menit 59 tak melenceng sedikit dari gawang. Tuan rumah justru harus bermain dengan sepuluh orang setelah Raba mendapatkan kartu merah di menit 60.

El Barca baru bisa menjebol The Yellow Submarine di menit 72 melalui upaya Suarez setelah ia merampungkan kerja sama satu-duanya dengan Paco Alcacer di kotak pinalti. Suarez kemudian melewati kiper yang tengah bersiap memblok usahanya.

Manu Trigueros hampir saja membuat kedudukan sama andai saja tendangan keras dari luar kotak pinalti tak diblok ter Stegen dengan baik.

Messi menjadi penentu kemenangan Barca dengan golnya di menit 83. Barcelona memanfaatkan kesalahan Victor Ruiz yang bermain-main di area sendiri. Sergio Busquets yang memotong bola dari Ruiz langsung memberikan umpan ke Messi yang telah bersiap. Setelah melewati dua pemain, Messi menceploskan bola dengan keras ke gawang Asenjo.

Dengan hasil ini, Blaugrana sementara tetap menjaga jarak aman dari Valencia yang berada di peringkat dua, selisih lima poin. Sedangkan bagi Villareal, tuaian negatif ini memaksa mereka semakin jauh dari Sevilla yang berada di atasnya.

Comments