Barca melaju mulus dari grup D

Barcelona berhasil menang 2-0 atas tamunya, Sporting Lisbon, Rabu (6/12) dini hari. Hasil ini sekaligus membuat El Barca lolos dengan nyaman di atas Juventus.

Setelah memastikan diri lolos di pekan kelima, Barcelona tampil tanpa beberapa pemain kuncinya saat menghadapi Sporting Lisbon. Ernesto Valverde menyimpan Lionel Messi, Sergio Busquets, Andres Iniesta, dan Jordi Alba. Meski demikian, mereka tetap mampu menguasai jalannya pertandingan.

Bola lebih banyak beredar di kotak pinalti Sporting di 20 menit awal. Namun, tak satu pun peluang tercipta mampu mengancam gawang Rui PatrĂ­cio. Baru di menit 23, Luis Suarez mampu melakukan dribel indah melewati bek Sporting sebelum menendang bola yang masih berhasil diblok Patricio.

Ketidakhadiran beberapa pemain kunci membuat penyerangan Barca selalu berakhir negatif. Babak pertama berakhir 0-0.

Baru di menit 59, Barca mampu membuat peluang emas sekaligus mencatat gol pertamanya melalui Paco Alcacer. Ia berhasil memanfaatkan umpan lambung hasil sepak pojok yang disodorkan Denis Suarez.

Bas Dost sebenarnya memiliki peluang emas untuk menyamakan kedudukan. Bola hasil sodoran Bruno Fernandes di sisi kanan berhasil diteruskan dengan sepakan kencang di dalam kotak pinalti. Namun, Jesper Cillessen berhasil memblok bola dengan sempurna.

Messi yang masuk di menit 61 menggantikan Aleix Vidal jadi motor baru bagi penyerangan Blaugrana. Akan tetapi, ia baru benar-benar mendapatkan peluang pertamanya setelah 20 menit bermain. Tendangan kaki kiri dari luar kotak pinalti masih bisa diselamatkan Patricio.

Mantan bek Barca, Jeremy Mathieu, justru jadi pelengkap kemenangan tim asal Katalonia ini. Mathieu yang bermaksud memblok bola hasil umpan Denis kepada Alcacer justru membelokkan bola ke gawang sendiri.

Gol bunuh diri itu sekaligus memuluskan langkah Messi, dkk ke babak 16 besar Liga Champions. Sementara bagi Sporting, mereka harus mengubur mimpi untuk lolos dari fase grup setelah di pertandingan lain, Juventus mengamankan tiga poinnya.

Comments