Fernando Torres Resmi Memutuskan Gantung Sepatu

Mantan striker Liverpool, Atletico Madrid, dan Chelsea, Fernando Torres secara resmi mengumumkan pensiun dari dunia sepak bola. Torres menyampaikan hal tersebut melalui akun Twitter pribadinya @Torres pada Jumat (21/6) siang WIB. Ia akan melakukan konferensi pers terkait hal tersebut pada Minggu waktu setempat.

Pemain berusia 35 tahun tersebut saat ini berkarier bersama Sagan Tosu, klub liga Jepang. Torres mengawali karier di dunia persepakbolaan pada 1995. Saat itu ia menjadi bagian dari tim junior Atletico Madrid.

Pemain yang berposisi sebagai striker tersebut meghabiskan waktu di akademi klub hingga 2001 sebelum menembus tim utama Los Colchoneros pada tahun yang sama. Romansa Torres dan Atletico berakhir pada 2007 di mana pada saat itu ia memilih untuk hijrah ke Chelsea.

Bermain di Liga Inggris ternyata sama sekali tidak membuatnya kikuk. Torres langsung menjadi andalan Liverpool di lini depan. Tercatat selama empat musim membela The Reds, pemain berambut pirang mencatatkan 142 penampilan dan mencetak 81 gol.

Torres yang namanya dielu-elukan oleh The Kop – sebutan fans Liverpool – berubah menjadi caci maki setelah ia memutuskan hengkang ke Chelsea pada pertengahan musim 2010-2011. Saat itu Chelsea menebusnya dengan nilai transfer fantastis 50 juta poundsterling.

Akan tetapi performa Torres menurun semasa membela The Blues. Pada musim perdananya saja ia hanya mencetak satu gol dari 14 kali penampilan. Meskipun secara keseluruhan performa Torres mengecewakan di Chelsea, namun ia berhasil membawa klub yang bermarkas di Stamford Bridge memenangi 3 piala: FA Cup, Liga Champions, dan Europa League.

Sempat dipinjamkan ke AC Milan pada musi 2014-2015, Torres memutuskan untuk kembali pulang kampung ke Atletico Madrid. Selama tiga setengah musim di periode keduanya bersama Los Colchoneros, Torres mempersembahkan satu gelar yakni Europa League.

Musim 2017-2018 menandakan berakhirnya periode kedua Torres bersama Atletico Madrid. Ia lalu memutuskan hijrah ke Sagan Tosu, klub peserta J-League. Dua musim di sana Torres sejauh ini mencatatkan statistic 32 penampilan dan mencetak 4 gol.

Pada level tim nasional, Torres sempat jadi andalan di lini depan Spanyol. Torres memperkuat LA Furia Roja dari 2003 hingga 2014, selama itu ia mencatatkan 110 caps dan mengepak 38 gol. Torres jadi bagian Timnas Spanyol yang memenangkan Piala Dunia 2010, serta Piala Eropa pada 2008 dan 2012.

Comments