Ventura dipecat Italia

Pelatih Gian Piero Ventura resmi dipecat oleh federasi setelah gagal membawa Gli Azzurri ke putaran final Piala Dunia 2018 Rusia.

Pelatih berusia 69 tahun, Gian Piero Ventura, resmi dilepas dari jabatannya sebagai pelatih utama timnas Italia, Rabu (15/11), waktu setempat. Pemecatan ini adalah dampak dari kegagalan dirinya membawa Italia ke putaran final Piala Dunia yang pertama dalam 60 tahun.

Italia sendiri kesulitan melangkah langsung dari babak kualifikasi grup G zona Eropa setelah kalah lima poin dari Spanyol. Berada di peringkat dua, Gli Azzurri harus melakoni pertandingan play-off melawan Swedia. Secara mengejutkan, Gianliugi Buffon, dkk dijungkalkan wakil Balkan tersebut dengan agregat 0-1.

Ventura secara resmi dipecat oleh federasi Italia (FIGC) setelah dikeluarkannya pernyataan resmi. “Selama pertemuan yang dipimpin Presiden FIGC, Carlo Tevecchio…, kegagalan lolos ke Piala Dunia 2018 di Rusia telah didiskusikan,” ungkap pernyataan di situs resmi FIGC. “Poin pertama pada agenda hari ini, memutuskan semenjak hari ini, Gian Piero Ventura bukanlah lagi pelatih tim nasional.”

Seperti diketahui, mantan pelatih Torino itu menolak untuk mengundurkan diri meski ia telah dinyatakan gagal oleh banyak pihak. Dalam penolakan tersebut, ia beralasan membutuhkan waktu untuk berbicara dengan presiden federasi. “Saya tidak mengundurkan diri karena belum bertemu dengan pemangku federasi sepak bola Italia. Kami akan bertemu beberapi hari ke depan, dan akan mendiskusikan tentang hal ini. Ada banyak hal yang harus dibicarakan,” ungkapnya seperti dikutip dari Goal.

“Hingga babak play-off kita tetap diunggulkan, lalu kita tidak beruntung karena gagal mencetak gol (melawan Swedia). Saya minta maaf kepada bangsa Itali. Hanya untuk hasilnya, bukan dengan usaha yang kami keluarkan di setiap laga,” tambahnya.

Beberapa nama mencuat untuk menjadi pengganti kursi kepelatihan. Carlo Ancelotti ditempatkan pada unggulan pertama untuk mengisi kekosongan. Nama seperti Antonio Conte yang berhasil membawa Itali juara Euro 2016 juga dijadikan kandidat setelah dirinya juga dikabarkan akan dipecat Chelsea. Selain itu, ada nama Roberto Mancini dan Massimiliano Alegri. Pemilihan pelatih utama diharapkan dapat selesai sebelum kualifikasi Euro 2020 yang dimulai pada Maret 2019.

Comments