Advocaat mundur dari timnas Belanda

Dick Advocaat telah menjalani laga terakhirnya sebagai pelatih tim nasional Belada usai resmi mundur dari jabatannya setelah timnya menang 3-0 atas Rumania dalam laga uji coba.

Memphis Depay, Ryan Babel, dan Luuk de Jong mencetak gol dalam laga yang berlangsung di Arena Nationala, Bucharest, Selasa (14/11).

Advocaat gagal membawa Belanda lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia, mereka hanya finis di peringkat ketiga dalam babak grup kualifikasi, di bawah Prancis dan Swedia – yang berhasil lolos usai menaklukkan Itala di babak play-off.

Usai kegagalan tersebut, Advocaat menjelaskan bahwa ia akan mundur dari jabatannya, dan hal itu kini telah dikonfirmasi. Ia pun mengatakan generasi pelatih asal Belanda yang berikutnya akan mengambil alih.

“Saya berhenti karena saya pikir ini sudah waktunya untuk generasi berikutnya. Saya tidak ragu atas hal itu. Ini waktunya para pelatih muda, ini saatnya mereka menunjukkannya,” ujar Advocaat seperti dikutip dari situs resmi asosiasi sepakbola Belanda.

Advocaat, yang pernah melatih banyak tim sejak berkarier pada 1980 termasuk PSV, Rangers, Borussia Mönchengladbach, timnas Uni Emirat Arab, Korea Selatan, Belgia, Rusia, Serbia, Sunderland dan Fenerbahce, sudah tiga kali menangani timnas Belanda.

Ia mencatatkan rekor kemenangan baru lewat 37 laga, mengalahkan rekor Bob Glendenning yang 36 kali meraih kemenangan. Itu merupakan sebuah rekor yang telah bertahan selama 77 tahun.

Ronald Koeman kini dikabarkan menjadi calon terkuat untuk menggantikan Advocaat sebagai pelatih timnas Belanda yang baru.

 

Comments