Southgate puji penampilan trio Inggris

Gareth Southgate memuji tiga pemain bertahan The Tree Lions saat berhasil menahan imbang Brazil.

Pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate, memuji tiga bek mudanya saat berhasil menahan imbang tanpa gol Brazil dalam lanjutan laga persahabatan Internasional, Selasa (14/11). Ia memuji Joe Gomes, John Stones, dan Harry Maguire yang tampil apik menahan gempuran Neymar, dkk.

Secara spesial ia memberikan pujian pada bek muda Liverpool, Joe Gomez, yang menggantikan Gary Cahill. Gomez sendiri telah melakukan debutnya saat menghadapi Jerman akhir pekan lalu.

“Mereka bermain luar biasa,” ungkap Southgate. “Joe diberikan penghargaan pemain terbaik pada pertandingan itu dan aku setuju. Kita tahu bahwa sifat atletnya adalah aset, tetapi kemampuannya membuat keputusan dan ketenangannya dalam membaca pergerakan dan umpan-umpan juga adalah sesuatu yang nyata.”

Southgate juga mengomentari penampilan Stones yang tampil sebagai bek tengah dari trio itu. “Dalam dua pertandingan, kupikir Stones sangat menunjukkan kemampuan bertahannya. Dia terlihat sangat dewasa, mengontrol garis (pertahanan) dan percaya diri sekaligus tenang dalam mengendalikan permainan. Kupikir ada tahap yang signifikan bagi dirinya.”

Maguire, pemain Leicester, juga merupakan pemain anyar bagi pertahanan Inggris. Ia baru mengemas tiga penampilan internasional di bawah Southgate. “Harry juga bermain bagus,” tambah Southgate. “Di awal, ia agak grogi, namun kepercayaan dirinya berkembang dan berpengaruh di permainan. Mereka menjalani tes sesungguhnya di dua pertandingan (melawan Jerman dan Brazil), dan mereka membuktikannya dengan dua clean sheets.”

“Sistem berjalan dengan baik. Secara kolektif kami bekerja dengan baik. Mereka mengontrol seluruh permainan dan mereka adalah salah satu tim berbahaya, tidak diragukan lagi, tetapi kami bisa membatasi kedua tim itu sehingga hanya tercipta sedikit peluang.”

“Ada banyak sesuatu yang membuat kami berkembang dan bagiku itu adalah tanda yang positif. Kita bisa memainkan banyak pemain muda dan kalah dengan skor telak, lalu kamu mempertanyakan keputusan itu. Tetapi mereka (pemain Inggris) benar-benar berkembang di dua pertandingan.

Comments