Lukaku jadi top skor sepanjang masa Belgia

Lukaku mencetak gol tunggal melalui sundulan kepala dalam pertandingan persahabatan saat mengalahkan Jepang. Gol tunggalnya mencatatkan Lukaku sebagai pencetak gol terbanyak Belgia.

Romelu Lukaku berhasil mencetak gol tunggal dan menjadi penentu kemenangan Belgia atas Jepang dalam lanjutan pertandingan persahabatan, Selasa (14/11). Gol terjadi pada menit ke-72 melalui umpan lambung Nacer Chadli yang sebelumnya mampu menerobos pertahanan Jepang. Bola lob Chadli berhasil dimanfaatkan Lukaku yang tidak terkawal ketat melalui sundulan kepala.

Gol pemain Manchester United itu berhasil melewati rekor gol terbanyak sepanjang masa timnas Belgia, Bernard Voorhoof, yang bermain pada 1928-1940. Raihan gol sementara Lukaku saat ini adalah 31 buah dan berpotensi terus bertambah karena usianya masih cenderung muda.

Belgia berhasil menguasai jalannya pertandingan selama 90 menit. Kevin De Bruyne membuka peluang mencetak gol pertama pada menit kedelapan. Namun, tendangan kaki kanan De Bruyne tersebut belum mampu menembus jala Eiji Kawashima.

Meskipun Jepang dalam tekanan, beberapa kali mereka mampu mengancam gawang Belgia yang dijaga Simon Mignolet. Tendangan Takuma Asano sebelum babak pertama berakhir dan sundulan Yuya Osako di awal babak kedua masih bisa diamankan dengan baik oleh pertahanan The Red Devils.

Permainan Jepang semakin berkembang di babak kedua. Namun, anak asuh Roberto Martinez bermain lebih baik dalam pertahanan. Setelah gol Lukaku, Thorgan Hazard hampir menggandakan keunggulan, namun tendangannya masih jauh dari sasaran.

Tambahan satu gol Lukaku membuat dirinya menjadi salah satu striker yang pantas ditakuti di Piala Dunia 2018 mendatang. Sebelumnya, ia juga mencetak brace saat ditahan imbang Mexico, 3-3.

Comments