Giampiero Ventura tolak mundur dari Timnas Italia

Giampiero Ventura secara mengejutkan menolak undur diri dari jabatannya sebagai pelatih kepala Timnas Italia.

Italia akhirnya harus menghadapi mimpi buruk tak lolos ke Piala Dunia 2018, setelah kalah agregat 1-0 dari Swedia di babak play-off, Selasa (14/11) dini hari WIB.

Fakta ini jelas jadi tragedi yang mengenaskan untuk Italia, di mana mereka merupakan pengoleksi empat gelar Piala Dunia. Gli Azzurri juga untuk kali pertama gagal lolos ke putaran final, setelah terakhir terjadi 59 tahun silam.

Meski begitu pelatih kepala Italia, Giampiero Ventura, yang jadi sosok yang paling bertanggung jawab secara mengejutkan menolak untuk mundur dari jabatannya.

Juru taktik berusia 69 tahun tersebut memang menyesalkan kegagalan timnya lolos ke Piala Dunia 2018, tapi tidak secara permainan. Ventura mengisyaratkan bakal berbicara dengan federasi sepakbola Italia, FIGC, untuk membuatnya terus bertahan hingga kontraknya habis pada 2020.

“Saya belum mengundurkan diri karena saya belum bertemu dengan kepala federasi. Kami baru akan bertemu esok hari. Kami akan membicarakan hal itu dan ada banyak hal yang harus dibahas,” tutur Ventura, seperti dilansir Goal.

“Hingga babak play-off perkembangan kami sudah sesuai harapan. Kami hanya gagal mencetak gol melawan Swedia. Saya minta maaf pada seluruh orang Italia, hanya untuk hasilnya, tidak pada usaha yang kami perlihatkan di setiap partai,” pungkasnya.

Sejak mengambil alih Italia dari kepengurusan Antonio Conte, Ventura sudah melalui 16 pertandingan dengan rekor sepuluh kemenangan, empat kali imbang, dan tiga kali kalah.

FIGC dikabarkan bakal menyasar tiga kandidat utama untuk gantikan Ventura, yakni Carlo Ancelotti, Roberto Mancini, atau Luigi Di Biagio.

Comments