Gianluigi Buffon pensiun dari Timnas Italia

‘Champions League won’t ruin England’s chances’ – Southgate

Usai gagal loloskan Italia ke Piala Dunia 2018, Gianluigi Buffon putuskan pensiun dari Timnas.

Italia secara mengenaskan gagal lolos ke Piala Dunia 2018, setelah kalah agregat 1-0 dari Swedia di babak play-off Piala Dunia 2018 zona Eropa, Selasa (14/11) dini hari WIB.

Tragedi tersebut secara ironis jadi akhir perjalanan fantastis Gianluigi Buffon di Timnas Italia. Sesaat setelah menerima kekalahan, dengan diiringi tangis, pemin 39 tahun itu memutuskan untuk tak lagi membela Gli Azzurri.

“Ini sungguh mengecewakan. Bukan untuk saya saja, tapi untuk sepak bola, karena kami gagal melakukan sesuatu yang benar-benar penting bagi negara ini. Itulah satu-satunya penyesalan yang saya miliki. Saya juga tak pernah berharap ini terjadi di partai terakhir saya untuk Italia,” tutur Buffon sambil menangis, seperti dikutip Rai Sport.

“Kami tidak meremehkan apapun, karena mereka yang bermain tahu arti penting pertandingan ini. Pemain juga tahu betapa sulitnya mengatasi defisit 1-0 secara psikologis. Mungkin kami tidak mengekspresikan sepak bola terbaik yang kami bisa, itulah yang mungkin patut disesali.

“Kami kekurangan energi dan ketajaman untuk mencetak gol. Tapi pada akhirnya Swedia bermain dengan cara yang sama seperti leg pertama. Pertandingan play-off ini diputuskan oleh insiden kecil, yang berjalan baik bagi mereka dan buruk bagi kami.”

“Pasti ada masa depan bagi sepak bola Italia, karena kami memiliki kebanggaan, kemampuan, tekad. Setelah terjatuh, kami selalu menemukan cara untuk bangkit kembali. Saya meninggalkan sejumlah pemain berbakat, termasuk Gigio Donnarumma dan Mattia Perin.

“Giampiero Ventura? Dalam sepak bola Anda menang sebagai sebuah kelompok. Anda kalah dalam satu kelompok. Anda berbagi pujian dan celaan. Pelatih adalah bagian dari keseluruhan kelompok ini,” pungkasnya bijak.

Comments