De Bruyne kritik taktik Belgia

‘Champions League won’t ruin England’s chances’ – Southgate

Kevin De Bruyne menyatakan Belgia harus secepatnya menemukan solusi sebelum gelaran Piala Dunia 2018 dimulai.

Pemain Manchester City berusia 26 tahun tersebut mengkritik taktik pelatih Roberto Martinez setelah mendapatkan hasil imbang 3-3 dalam laga persahabatan melawan Meksiko. Baginya, Martinez harus segera menemukan solusi sebelum berangkat ke Rusia musim panas mendatang.

Enam kemenangan beruntun di babak grup kualifikasi Piala Dunia 2018 membuat Belgia mantap di puncak klasemen dengan keunggulan sembilan poin. Rekor bagus tersebut terhenti setelah bermain imbang dengan El Tri di kandang, (11/11) lalu.

Bukan tanpa sebab. Belgia yang dihuni pemain-pemain kelas atas seperti Romelu Lukaku, Eden Hazard, Jan Vertonghen, dan Thibaut Courtois diharapkan mampu berbicara banyak di Rusia. De Bruyne merasa taktik Martinez tidak berjalan lancar dengan skuat yang ada. “Meksiko bermain lebih baik. Mereka mampu membuat lima pemain bertahan kami tetap berada di dalam dan kami hanya bermain-main di tengah—tujuh melawan lima,” ungkapnya pada Het Laatste Niewus.

“Lihat, kita memiliki talenta yang lebih mumpuni. Selama tidak memiliki sistem taktik yang bagus, kita akan kesusahan melawan negara seperti Meksiko. Akan sangat disayangkan jika tidak segera ditemukan solusinya. Jelas kita bermain dengan sangat bertahan, padahal tim kita berisi banyak pemain menyerang yang selalu menginginkan bola.”

“Lalu kemudian ada sedikit masalah, seperti saat melawan Meksiko. Di pertandingan tersebut kita hanya mendapatkan sedikit penguasaan bola dan semua orang berada di sistem yang tidak pas. Kami tahu bahwa ada sesuatu yang harus segera diubah saat melawan tim tersebut.”

“Tetapi akhirnya Martinez yang memutuskan. Aku pikir pelatih harus menemukan solusi yang membuat kita bisa menghindari situasi seperti saat melawan Meksiko di masa depan,” tutupnya.

The Rode Duivels akan melanjutkan persiapan Piala Dunia 2018-nya dengan menghadapi Jepang, Selasa mendatang.

Comments