Imbang, Kroasia melaju ke Piala Dunia 2018

Menang besar pada leg pertama, Kroasia hanya butuh hasil imbang untuk memastikan tiket ke Rusia musim panas mendatang.

Kroasia berhasil menahan imbang tuan rumah Yunani pada lanjutan play-off Piala Dunia 2018, Senin dinihari (13/11), Karaiskaki Stadium, Piraeus, Athena. Hasil ini memantapkan anak asuh Zlatko Dalic menuju putaran final Piala Dunia 2018 mendatang. Pada pertemuan pertama, Kroasia berhasil menaklukan Kostas Manolas, dkk dengan skor meyakinkan, 4-1.

Anak asuh Michael Skibbe mengambil inisiatif serangan di leg dua ini dengan mengganti enam pemain yang bertipe menyerang. Tuan rumah bermain dengan tempo cepat dari awal babak pertama. Namun, Kroasia berhasil meredam agresivitas serangan untuk menjaga keunggulan gol. Pada menit ke-11, Jose Carlos Zeca dijatuhkan di kotak pinalti oleh Ivan Strinic. Tetapi, wasit tidak menganggapnya sebuah pelanggaran.

Meski menguasai penguasaan bola, Yunani tidak bisa mengancam gawang Kroasia yang dijaga Danijel Subasic. Ia berhasil meredam upaya tendangan jarak jauh Anastasios Bakasetas dan Sokratis Papastathopoulos. Di menit 41, Subasic juga berhasil menggagalkan upaya Panagiotis Retsos menyundul bola hasil umpan Zeca.

Serangan balik cepat dilakukan Kroasia. Strinic menerima operan Marcelo Brozovic dan melepaskan tembakan keras dari luar kotak pinalti. Namun, tendangannya masih membentur mistar bagian kanan atas yang dijaga oleh Oretis Karnezis.

Di babak kedua, Yunani mulai mengancam gawang Subasic di menit ke-57. Tendangan mendatar Kostas Mitroglou dari luar kotak pinalti hanya menyamping di sisi kiri gawang. Upaya Yunani mencetak gol hampir berhasil setelah terjadi kemelut di depan gawang. Pemain pengganti Giannis Gianniotas memberi umpan mendatar ke tiang jauh. Umpannya berhasil diblok bek Dejan Lovren sebelum membentur kepala Brozovic.

Gol Yunani tercipta di menit 78. Namun sayang, gol Dimitrios Pelkas dianulir wasit sebab Vasilis Torosidis yang memberi umpan sudah dalam posisi offside. Upaya terakhir Yunani tercipta dari tendangan keras mendatar Panagiotis Tachtsidis yang berhasil diblok kiper. Sedangkan Kroasia mengancam lewat tendangan melengkung Andrej Kramaric.

Hanya tercipta satu shot on target pada pertandingan ini. Hasil ini memuluskan jalan Luka Modric, dkk untuk berlaga di putaran final Piala Dunia 2018 mendatang.

Comments