Tahun depan, Xavi Hernandez gantung sepatu

Xavi Hernandez, legenda Barcelona, telah mengumumkan kemungkinan gantung sepatu tahun depan. Ia mengakui adanya penurunan dalam performa dan sudah mulai sulit untuk melakukan pemulihan kondisi fisik.

Gelandang 37 tahun itu melakoni karier impresif bersama timnas Spanyol dan Barcelona. Meski begitu, ia hengkang ke Al Sadd pada pertengahan 2015. Keputusannya diambil setelah Blaugrana mulai mengurangi porsi bermainnya.

Adapun dua tahun setelah itu, Xavi mengaku telah mendekati masa akhir. Kemampuan fisiknya sudah menurun dan sang bintang sadar masa pensiun sudah dekat.

“Saya beruntung tidak mengalami cedera dan saya pikir karier saya telah mendekati akhir,” kata Xavi kepada surat kabar Spanyol Sport.

“Telah terjadi penurunan. Qatar mengizinkan saya melakukan ini. Sekarang saya sudah merasa lebih lelah, sulit untuk melakukan pemulihan, ini bisa dipastikan akan menjadi tahun terakhir saya sebagai pesepakbola.”

“Saya punya rencana untuk mendapatkan lisensi kepelatihan tahun depan dan menjadi seorang pelatih.”

Bintang Spanyol itu jadi andalan sejak menembus tim utama Barcelona. Di sana ia sukses meraih delapan gelar juara La Liga Spanyol dan empat kali juara Liga Champions. Xavi juga mencatatkan 133 penampilan untuk timnas Spanyol pada periode 2000 hingga 2014. Ia sukses meraih gelar juara Euro 2008, 2012, dan Piala Dunia 2010.

April lalu, Xavi sukses menjuarai Piala Qatar bersama Al Sadd. Itu merupakan trofi pertamanya di sejak meninggalkan Camp Nou.

Comments