Liverpool pesta gol di Maribor

Liverpool memecahkan rekor kemenangan tandang Liga Champions lewat kemenangan 7-0 atas Maribor, Rabu (18/10) dini hari WIB. Kemenangan ini sekaligus membawa The Reds ke puncak klasemen Grup E dengan koleksi lima poin.

Jurgen Klopp sama sekali belum menang di Liga Champions sebelum ini dan karenanya menurunkan skuat terkuat. Hanya James Milner, Trent Alexander-Arnold, dan Loris Karius yang tidak bermain dalam laga kontra Manchester United akhir pekan lalu.

Laskar Anfield tak butuh waktu lama untuk menjebol gawang Maribo. Di menit keempat, Salah menggiring bola di sektor kanan, lalu memberi umpan datar pada Firmino. Dengan mudah, sang striker menaklukkan Jasmin Handanovic.

Sepuluh menit berselang, The Reds menggandakan keunggulan. Salah beraksi di sayap kanan, bola dialirkan kepada Milner, kemudian sang gelandang melambungkan umpan silang ke tiang jauh. Coutinho menyambutnya dengan sepakan voli yang menyasar sudut gawang Maribor.

Serangan cepat tampak efektif dalam laga ini dan Salah juga mencetak gol ketiga The Reds lewat skema tersebut. Firmino memberi umpan terobosan pada Salah, lalu sang winger Mesir melakukan tembakan placing dengan kaki kiri untuk menaklukkan jala Maribor. Ia menambah koleksi golnya tak lama sebelum jeda, menyambut umpan kencang Alberto Moreno.

Maribor tampak kebingungan menghadapi serangan dan tekanan Liverpool. Mereka kesulitan menghadapi skema tersebut, sampai-sampai melakukan deretan kesalahan. Menumpuk pemain di lini belakang pun tampak tidak efektif.

Alhasil, Liverpool kembali mencetak gol walau paruh kedua belum genap berlalu sepuluh menit. Coutinho melambungkan umpan dari situasi sepakan bebas, lalu disundul Firmino. Handanovic kembali terperdaya dan harus memungut bola dari gawang untuk kelima kalinya.

Klopp memainkan Alex Oxlade-Chamberlain, Daniel Sturridge, dan Dominic Solanke jelang bubaran. Tempo permainan memang menurun, tapi gol keenam dan ketujuh akhirnya tercipta. Gol keenam dicetak oleh Ox lewat serangan kilat, sementara gol ketujuh merupakan buah dari tendangan jarak jauh TAA.

Kemenangan ini membawa The Reds ke puncak klasemen Grup E, mengantongi lima poin dari tiga laga.

Comments