Italia susah payah kalahkan Albania

Italia harus susah payah untuk meraih kemenangan tipis 1-0 atas Albania di kualifikasi Piala Dunia zona Eropa, Selasa (10/10) dini hari WIB.

Setelah bermain imbang 1-1 lawan Makedonia pada laga sebelumnya, Azzurri bermain sedikit canggung. Beberapa kali mereka melakukan salah umpan, bahkan berujung pada serangan balik Albania. Beruntung, Gianluigi Buffon tampil impresif.

Italia mulai mendapatkan momentum seirin waktu berjalan. Ciro Immobile dan Lorenzo Insigne mengoyak lini belakang tuan rumah, tetapi Etrit Berisha sigap di bawah mistar. Skor kacamata pun bertahan hingga peluit tanda turun minum dibunyikan.

Pelatih Giamperio Ventura coba melakukan sedikit perubahan di sektor bek sayap. Matteo Darmian ditarik keluar, sementara pemain baru Chelsea, Davide Zappacosta, masuk lapangan. Hal ini tak langsung memberikan dampak, seiring Italia minim kreativitas.

Adapun kesabaran Ventura akhirnya berbuah manis di menit ke-73. Berawal dari umpan silang Leonardo Spinazzola, bola jatuh ke hadapan Antonio Candreva. Winger Inter Milan itu mengontrolnya, kemudian melepas tembakan voli dari sudut sempit – berujung pada gol semata wayang Azzurri.

Walau harus rela dengan tiket ke play-off, Ventura puas terhadap performa timnya. Sang pelatih berharap anak asuhnya mampu berkembang sehingga layak untuk bersaing di Rusia pada 2018 mendatang.

“Dalam hasil imbang 1-1 lawan Makedonia, kami hancur di babak kedua yang sangat minim intensitas, sementara kami menunjukkan intensitas mental bagus di Albania dan kami mengendalikan laga,” ungkap Ventura.

“Ini bukan soal mengasah mentalitas para pemain. Apa yang kami butuhkan adalah berlatih di lapangan, tapi setiap kali saya memanggil pemain, saya mendapatkan setidaknya tiga atau empat jam untuk melakukannya.”

“Italia ini sudah jelas tidak cukup bagus untuk Piala Dunia saat ini, tapi kami bekerja keras untuk mencapainya,” pungkas pelatih Azzurri itu.

Italia finis sebagai runner-up Grup G dengan koleksi 23 poin. Mereka tertinggal lima poin dari Spanyol yang bertengger di puncak klasemen. Azzurri dipastikan harus melakoni laga play-off dan harus menunggu hasil grup lain untuk menentukan lawan tanding di tahap ini.

Comments