Gol cantik Asier Illarramendi menangkan Spanyol

Spanyol menutup perjalanan kualifikasi Piala Dunia zona Eropa dengan kemenangan 1-0 atas Israel via gol cantik Asier Illarramendi, Selasa (10/10) dini hari WIB.

Menghadapi Israel yang tampil defensif, sejatinya La Roja sempat kesulitan. Skuat yang diperkuat oleh Aritz Aduriz dan Marco Asensio itu tak mampu menemukan celah di lini belakang tim tamu. Mereka tak kunjung menciptakan peluang emas dan paruh pertama berakhir imbang tanpa gol.

Pelatih Julen Lopetegui tanggap terhadap situasi ini dan akhirnya memperkuat daya gedor Spanyol di paruh kedua. Isco masuk untuk menggantikan Aduriz, tak lama setelah Iago Aspas menggantikan Sergio Ramos. Kehadiran dua pemain tersebut membuat serangan Spanyol tampak lebih cair.

Benar saja, gol akhirnya tercipta di menit ke-76. Sepak pojok La Roja mampu disapu oleh pemain Israel, namun bola malah jatuh ke hadapan Illarramendi yang berdiam di depan kotak penalti. Eks gelandang Real Madrid itu langsung melepas sepakan keras, mengarah ke sudut gawang Israel dan membawa La Roja unggul.

Asensio nyaris menggandakan keunggulan di pengujung laga, tapi skor 1-0 bertahan hingga bubaran. Lopetegui langsung memuji penampilan anak asuhnya, terutama sepanjang kualifikasi Piala Dunia.

“Kami tahu ini akan jadi laga yang sulit karena banyak hal. Mereka sangat termotivasi dan bermain dengan sangat baik, dan kami tak tahu bagaimana cara menjebol Israel di paruh pertama,” ungkap sang pelatih seusai pertandingan.

“Kami mencari solusi di babak kedua dan mereka muncul. Ketika Anda tidak mencetak gol pertama dengan cepat, segalanya jadi rumit, tapi pada akhirnya kami mengantongi tiga poin. Kami harus memberi selapat pada para pemain atas kualifikasi yang brilian, terutama melihat bagaimana mereka bermain, terlepas dari fakta bahwa mereka sudah lolos,” pungkasnya.

Spanyol duduk di puncak klasemen Grup G dengan koleksi 28 poin dari sepuluh pertandingan, unggul lima poin atas Italia yang duduk di peringkat kedua. Dengan ini, La Roja memastikan satu tiket ke putaran final Piala Dunia di Rusia pada 2018.

Comments