Cium Adanya Kejanggalan, Manchester City Akan Ajukan Banding

Manchester City dilarang untuk bermain di ajang Liga Champions untuk dua musim ke depan usai dinilai melanggar peraturan Financial Fair Play (FFP). Pihak City sendiri mengaku akan melakukan banding atas keputusan tersebut.

Menurut klub yang bermarkas di Etihad Stadium tersebut, keputusan yang dibuat oleh UEFA cacat hukum. Tak pelak juara bertahan Liga Inggris tersebut bakal mengajukan banding ke Arbitrase Olahraga (CAS). City juga menilai adanya hal janggal dalam proses penyelidikan yang dilakukan UEFA.

“Manchester City kecewa namun tidak terkejut dengan pengumuman dari Pengadilan UEFA. Klub melakukan antisipasi dan akan mencari badan independen untuk memproses dan mempertimbangkan secara imparsial soal bukti-bukti yang mendukung posisi klub,” tulis pernyataan resmi klub.

Klaim adanya pelanggaran FFP oleh Manchester City pertama kali dibuka oleh media asal Jerman Der Spiegel. Hasil investigasi menemukan adanya penggelembungan dana sponsor yang dilakukan oleh City, salah satu bukti adalah adanya perbedaan laporan keuangan dalam kerja sama mereka dengan maskapai Etihad.

Tujuan penggelembungan dana sponsor tersebut tidak lain dan tidak bukan agar City bisa terbebas dari FFP karena membuat seolah pendapatan yang didapatkan oleh klub sedemikian besar. Dengan dilanggarnya FFP, City dedenda sebesar 30 juta euro atau senilai Rp445 miliar.

Comments