Platini ingin FIFA cabut sanksinya

‘Champions League won’t ruin England’s chances’ – Southgate

Mantan Presiden UEFA Michel Platini meminta FIFA untuk mencabut sanksinya atas pembayaran $ 1.8 juta, setelah jaksa Swiss mengatakan pada hari Sabtu (26/5) bahwa mereka tidak menemukan bukti sejauh ini untuk mengajukan dakwaan terhadapnya.

Pengacara Platini, Vincentius Solari, mengklaim mantan kepala sepakbola Eropa itu sekarang berada di posisi yang jelas. “Tidak ada dakwaan, dia tidak akan dituntut,” kata Solari.

Platini mengatakan dia telah dibenarkan setelah dan meminta FIFA untuk mengakhiri pengasingannya dari sepakbola. “Saya berharap FIFA akan memiliki keberanian dan kesopanan untuk mencabut penangguhan saya,” kata mantan gelandang Prancis itu.

Pada tahun 2015, FIFA menangguhkan Platini dari semua kegiatan yang berkaitan dengan sepak bola selama delapan tahun, kemudian dikurangi pada banding empat tahun, setelah pembayaran $ 2 juta yang ia terima dari badan dunia pada tahun 2011.

Pembayaran, untuk pekerjaan yang dilakukan satu dekade sebelumnya, disahkan oleh presiden FIFA, Sepp Blatter, dan dibuat pada saat Blatter sedang pemilihan sebagai presiden.

Blatter juga sekarang dilarang menyusul skandal yang mengguncang sepakbola dunia. Penuntut dari Swiss telah menyelidiki pembayaran itu sebagai bagian dari penyelidikan yang lebih luas terhadap 17 tahun kepresidenan Blatter di FIFA.

Kantor penuntut umum Swiss mengatakan Sabtu bahwa meskipun tidak ada bukti yang ditemukan sejauh ini untuk mengajukan tuntutan terhadap Platini, penyelidikan tidak sepenuhnya berakhir.

Platini masih bisa diminta untuk menghadap hakim jika bukti baru ditemukan dalam kasus tersebut, kata juru bicara kantor kejaksaan.

Comments