Diimbangi Italia, Gareth Southgate kritik VAR

Menurut pelatih timnas Inggris itu, VAR akan menimbulkan berbagai perdebatan.

Bermain di Wembley, timnas Inggris harus puas dengan hasil imbang 1-1 hadapi Italia, dalam duel uji coba internasional, Rabu (28/3) dini hari WIB.

Unggul terlebih dahulu lewat Jamie Vardy di menit ke-25, Italia samakan kedudukan berkat penalti Lorenzo Insigne tiga menit jelang pertandingan berakhir.

Penalti untuk Italia sendiri hadir setelah wasit laga, Deniz Aytekin, meninjau Video Assistant Referee (VAR), terhadap insiden yang melibatkan James Tarkowski dan Federico Chiesa di kotak terlarang Inggris.

Pelatih tim Tiga Singa, Gareth Southgate, lantas melempar kritiknya terhadap VAR. Dia memandang teknologi itu tidak lantas membuat sebuah insiden jadi jelas dan gamblang.

“Saya bersyukur ini belum Piala Dunia. Saya pikir putusan VAR itu ‘jelas dan gamblang’, faktanya tidak. Anda bisa saja memperdebatkan hal ini sepanjang hari,” tutur Southgate, seperti dikutip ITV.

“Memang terlihat Tarkowski menginjak Chiesa, tapi itu terjadi pada proses berlari dan bagaimanapun Chiesa akan terjatuh. Saya pikir wasit sebenarnya sudah berada dalam sudut pandang yang bagus.

“Saya pikir dengan insiden seperti itu, VAR tidak akan membereskannya. Mungkin untuk handball atau hal-hal yang lain lebih masuk akal. Tapi, pada akhirnya kita semua harus menerima yang sudah ditentukan,” pungkasnya.

 

Comments