Jepang – Ukraina dalam 90 detik

Wakil Asia untuk Piala Dunia 2018, Jepang, harus tunduk di hadapan Ukraina. Samurai Biru harus mengakui keunggulan tipis tim Eropa Timur itu, Selasa (27/03) malam, di Stade Maurice Dufrasne, Liege, Belgia.

Jepang tampil dengan tim terbaiknya saat harus berhadapan dengan Ukraina dalam laga pertandingan persahabatan. Sementara itu, anak asuh Andriy Shevchenko membawa beberapa pemain mudanya, seperti Artem Besyedin dan Oleksandr Zinchenko.

Wakil Asia itu harus tertinggal terlebih dahulu saat bek Naomichi Ueda melakukan gol bunuh diri ke gawang sendiri. Gol bermula dari sepakan keras Yaroslav Rakitskiy di luar kotak penalti. Bola yang berusaha dihadang Ueda justru terpelintir ke gawang Eiji Kawashima.

Jepang berhasil menyamakan kedudukan di menit 41 lewat gol Tomoaki Makino. Makino berhasil lolos dari kepungan bek Ukraina dan menyundul bola hasil umpan lambung Gaku Shibasaki dari tendangan bebas.

Babak kedua berjalan lebih alot. Dan Si Kuning Biru berhasil menggandakan skor menjadi 2-1 di menit 69. Dribel fantastis Yevhen Konoplyanka berhasil mengecoh pertahanan Jepang di sisi kiri. Konoplyanka yang masuk ke kotak penalti lantas memberikan umpan mendatar kepada Oleksandr Karavayev, sebelum melewati beberapa pemain bertahan.

Skor 2-1 untuk kemenangan Ukraina bertahan hingga laga usai. Sebelumnya, di stadion yang sama Jepang juga hanya berhasil meraih hasil imbang saat berjumpa dengan Mali, Jumat (23/03) lalu.

Comments