Lima pemain nomor 10 terbaik dunia

Dari masa ke masa pemain sepak bola bernomor punggung 10 selalu menjadi atensi publik. Pemain dengan nomor punggung angka tersebut biasanya identik dengan second striker yang memiliki kualitas olah bola di atas rata-rata. Maradona, Ronaldinho, dan Zidane adalah nama-nama yang telah melegenda. Fox Sports Asia memilih lima pemain terbaik dunia dengan nomor punggung 10 yang kini masih aktif berlaga.

1. Lionel Messi

Bayi ajaib yang muncul di tim utama Barcelona sejak berumur 20 tahun. Messi telah meraih lima kali gelar pemain terbaik dunia, empat diantarannya diperoleh secara berturut-turut. Selama membela Blaugrana, Messi memboyong banyak trofi. Delapan kali memenangi La Liga, empat kali Liga Champions, dan tujuh kali Piala Super Spanyol.

Musim ini pemain berusia 30 tahun itu telah mencetak 35 gol dari 43 penampilan di semua kompetisi. Hanya satu yang masih belum berpihak pada Messi, yakni trofi Piala Dunia. Musim panas mendatang menjadi peruntungannya.

2. Neymar Junior

Neymar

Talenta muda Brasil yang kini memegang rekor pemain termahal di dunia setelah kepindahannya dari Barca ke Paris Saint-Germain. Neymar telah menyita perhatian penggemar sepak bola dunia sejak masih berseragam Santos. Bersama Santos, Neymar telah mengemas 134 penampilan dengan 70 gol. Tahun 2010 dia meraih trofi Piala Brazil dan musim berikutnya berhasil menang di ajang Copa Libertadores.

Karirnya berlabuh ke Catalunya. bergabung dalam trio MSN (Messi Suarez Neymar). Pemain yang Februari lalu telah genap berumur 26 tahun itu merengkuh trofi Liga Champions dan La Liga masing-masing satu kali.

Kemudian Neymar memilih bergabung dengan tim Paris. Dia tampil meyakinkan sejak menit pertama bersama PSG. Meski sempat mengalami konflik dengan Edinson Cavani, Neymar telah menceploskan 29 gol dari 30 laga.

3. Eden Hazard

Gelandang agresif yang membela Chelsea sejak musim panas 2012, sempat bermain untuk Lille. Kreativitas, kecepatan, dan kemampuan olah bolanya telah dikenal luas, bahkan sering ia dijuluki Messi kecil. Bersama The Blues, Hazard telah memboyong dua trofi Liga Primer Inggris ke Stamford Bridge.

Musim yang berat dihadapi Hazard pada tahun ini. Chelsea masih harus bersaing ketat untuk memerebutkan zona Champions. Meski demikian 15 gol telah dicetak pemain berumur 27 tahun ini. Sementara itu, tergabung dalam Generasi Emas, Hazard akan membuktikan kemampuannya bersama Belgia di Piala Dunia.

4. Arjen Robben

Pemain asal Belanda telah malang melintang di arena sepak bola Eropa. Mengawali karir di Groningen, Robben sempat bermain untuk Chelsea dan Real Madrid. Kini pemain berusia 34 tahun telah menjalani musim kesembilan bersama Bayern Munich.

Robben dikenal dengan ciri khasnya menggiring bola dari sisi sayap kemudian melepaskan tendangan keras melengkung yang sering membobol jala lawan. Selama karirnya dia tutrut memenangi dua kali trofi Liga Primer Inggris bersama Chelsea, satu kali trofi La Liga bersama Real Madrid, enam kali trofi Bundesliga dan satu kali trofi Liga Champions bersama Bavarian.

 

5. Wayne Rooney

Pemain yang terlahir dengan nama lengkap Wayne Mark Rooney telah bergabung dalam skuad muda Everton sejak berumur sembilan tahun. Ia melakukan debut profesional bersama Everton pada tahun 2002, kala itu Rooney berusia 16 tahun. Dua tahun kemudian Sir Alex Ferguson merekrut sang wonder kid untuk dimasukan dalam skuad Setan Merah.

Wazza bermarkas di Old Trafford selama 13 tahun. Karirnya gemilang bersama United. Empat dari total lima gelar Liga Primer Inggris diraihnya secara berturut-turut. Sempat juga meraih Treble Winner pada musim 2007/08. Rooney telah mengemas lebih dari 250 gol bersama Manchester United.

Mulai tak mendapatkan tempat di skuad utama United, Rooney memutuskan untuk kembali ke tim masa kecilnya Everton sejak musim panas lalu.

Comments