Portugal – Belanda dalam 90 detik

Salah satu kontestan Piala Dunia 2018, Portugal, dipaksa bertekuk lutut setelah 3-0 dari Belanda di laga uji coba yang digelar di Stade de Genève, Selasa (27/3) dini hari WIB.

Portugal yang diperkuat bintang utamanya Cristiano Ronaldo tidak mampu menandingi Belanda arahan Ronald Koeman, yang sebelumnya gagal lolos ke Piala Dunia karena tersisih di babak kualifikasi.

Belanda hanya butuh waktu 11 menit untuk mencetak gol pertamanya lewat Memphis Depay. Mantan pemain Manchester United itu sukses menaklukkan kiper Anthony Lopes dengan memaksimalkan bola kiriman Donny van de Beek.

Kepercayaan diri anak asuh Koeman semakin meningkat ketika gol kedua hadir berkat sentuhan matang Ryan Babel di menit ke-32. Gol tersebut hadir setelah eks Liverpool tersebut bekerja sama dengan Matthijs de Ligt.

Portugal benar-benar dibuat tak berdaya karena Oranje mampu memperbesar papan skor jelang turun minum. Adalah bek Virgil van Dijk yang mengemas gol ketiga buat runner-up Piala Dunia 2010 itu melalui aksinya memaksimalkan servis De Ligt.

Memasuki babak kedua dengan keadaan tertinggal tiga bola, juara Euro 2016 Portugal kian frustrasi. Mereka bahkan harus bermain dengan sepuluh pemain setelah Joao Cancelo menerima kartu kuning keduanya di satu menit setelah satu jam.

Seakan tidak lagi memiliki peluang, pelatih Portugal Fernando Santos memutuskan untuk mengganti Ronaldo di menit ke-68, dan Seleccao tidak mampu mendapatkan apa pun dari pertandingan ini selain kekalahan memalukan.

Terlepas itu, hasil ini jelas disambut positif oleh Koeman karena ini merupakan kemenangan perdananya bersama Belanda, setelah di laga debutnya kemarin dikalahkan Inggris dengan skor tipis 1-0.

Comments