Mancini tak khawatir meski Italia terancam degradasi

Tim nasional Italia masih krisis kemenangan sejak ditangani Roberto Mancini. Terbaru, tim berjulukan Azzurri ini kalah 0-1 dari Portugal dalam ajang UEFA Nations League, Senin (10/9/2018) atau Selasa dinihari WIB.

Dalam empat pertandingan terakhir, Italia hanya meraih dua hasil imbang dan sisanya berakhir dengan kekalahan. Menurut catatan Gracenote, ini adalah raihan terburuk Italia dalam 35 tahun terakhir.

Meskipun demikian, Mancini tidak terlalu khawatir. Mantan manajer Manchester City ini menegaskan bahwa tujuan utama dari apa yang dilakukan sekarang adalah mencari formula terbaik sehingga Italia siap menghadapi Piala Eropa 2020.

“Kami tahu ada masalah di skuad ini karena jika tidak, Italia pasti lolos ke Piala Dunia 2018. Ada pemain debutan pada laga ini dan mereka sudah melakukan hal yang positif,” ujar Mancini dalam jumpa pers, dikutip Football Italia.

“Kami tak suka kalah, tapi kami juga harus mengambil risiko agar pemain mendapat pengalaman. Jika tidak, akan membutuhkan waktu lama bagi para pemain untuk menyatu dengan tim.”

Kekalahan ini membuat Italia berada di dasar klasemen sementara Grup 3 League A UEFA Nations League. Azzurri baru mengoleksi satu poin dari dua laga karena sebelumnya, mereka ditahan Polandia dengan skor 1-1.

Jika tetap berada di dasar klasemen hingga akhir babak grup, Italia dipastikan akan terdegradasi ke Liga B untuk edisi selanjutnya. Mancini tampaknya tak terlalu risau dengan hal tersebut.

“Kami tak ingin hal itu terjadi, tentu saja kami ingin jadi pemuncak klasemen dan anda tak pernah tahu apa yang bisa terjadi dalam sepak bola,” tutur Mancini.

“Kami akan menunggu dan melihat, tetapi tujuan utama adalah membentuk skuad untuk Piala Eropa 2020.”

Comments