Enrique menilai Messi layak meraih Ballon d’Or 2018

Megabintang Barcelona, Lionel Messi, tak masuk daftar kandidat peraih gelar Ballon d’Or 2018. Dia kalah bersaing dengan Luka Modric (Real Madrid), Mohamed Salah (Liverpool) dan Cristiano Ronaldo (Juventus).

Hal ini mengundang kritik pelatih tim nasional Spanyol, Luis Enrique. Dia menilai Messi layak masuk kandidat karena penampilannya sepanjang musim 2017-2018 terbilang bagus.

“Jika berbicara soal pemain Kroasia, saya akan berbicara tentang Modric dan Ivan Rakitic. Mereka berdua layak mendapatkan penghargaan individu,” ujar Enrique dikutip dari FourFourTwo.

“Namun, jika saya berbicara soal pemain terbaik dunia, penghargaan seharusnya diberikan kepada Leo Messi, sosok yang berada satu langkah di depan semua pemain lain.”

Memang, Messi bermain cukup impresif meskipun Barcelona gagal meraih gelar Liga Champions. Pemain dengan julukan La Pulga itu mencetak 45 gol dan membawa The Catalans juara Liga Spanyol dan Copa Del Rey musim 2017-2018. Catatan gol Messi lebih baik dari Ronaldo dan Mo Salah yang sama-sama mencetak 44 gol.

Kenyataannya, Messi tak masuk kandidat peraih Ballon d’Or 2018. FIFA memilih Modric, Mo Salah dan Ronaldo dalam daftar tiga besar kandidat juara. Ronaldo masuk nominasi karena penampilannya yang impresif bersama Real Madrid pada musim lalu sebelum pindah ke Juventus pada musim panas ini.

Dari tiga kandidat itu, hanya Mo Salah yang tidak meraih gelar secara tim. Musim lalu, dia hanya bisa mengantar Liverpool hingga babak final Liga Champions.

Sementara itu, Ronaldo dan Modric menjadi pemain kunci saat Real Madrid meraih gelar Liga Champions untuk kali ketiga secara beruntun.

Modric menjadi kandidat terkuat peraih gelar Ballon d’Or 2018 karena keberhasilan membawa timnas Kroasia mencapai final Piala Dunia 2018. Dia pun dinobatkan menjadi pemain terbaik turnamen tersebut dan menyabet penghargaan pemain terbaik musim 2017-2018 versi UEFA.

Comments