Bermain cepat jadi kunci Portugal kalahkan Italia

Tim nasional Portugal mengalahkan Italia 1-0 dalam laga UEFA Nations League di Stadion da Luz, Portugal, Senin (10/9/2018) atau Selasa dini hari WIB. Andre Silva memecah kebuntuan Portugal setelah membobol gawang Azzurri pada menit ke-48.

Pelatih Portugal, Fernando Santos, mengungkapkan kunci keberhasilan timnya meruntuhkan pertahanan tangguh Italia. Menurutnya, mereka mempertahankan kecepatan bermain sehingga bisa meraih gol tersebut pada awal paruh kedua.

Santos sudah memprediksi strategi Italia yang terkenal dengan sistem pertahanan grendel alias cattenacio. Itu membuat dia meminta pasukannya tetap bermain dengan tempo tinggi untuk membuat masalah bagi skuad asuhan Roberto Mancini.

“Saya pikir sedikit tak adil karena masih tanpa gol pada babak pertama. Jadi, saat jeda, saya mendesak pemain untuk mempertahankan kecepatan. Memang, kami tidak bisa mendominasi seluruh jalannya pertandingan karena kami melawan tim Italia yang sangat kuat,” ujar Santos dalam jumpa pers, dikutip dari Football Italia.

Kini, Portugal memimpin klasemen sementara Grup 3 dengan koleksi tiga poin. Sementara itu Italia menjadi juru kunci karena kalah selisih gol dari Polandia, yang menahan mereka 1-1 pada laga sebelumnya.

“Apakah satu kaki kami sudah di final? Kami membutuhkan dua kaki di sana, karena hanya dengan satu kaki, anda sangat berisiko jatuh,”ujar Santos mengenai peluang Portugal sebagai juara grup.

Comments