Italia tanpa striker murni, Bernardeschi emban tugas false nine

Timnas Italia bakal menggunakan false nine saat melawan Ukraina dalam laga persahabatan di Stadio Luigi Ferraris, Genoa, Rabu (10/10/2018) atau Kamis dini hari WIB. Federico Bernardeschi bakal mengemban tugas tersebut, didampingi Lorenzo Insigne dan Federico Chiesa.

Menurut sejumlah laporan seperti dikutip dari Football Italia, pelatih Roberto Mancini akan tetap mempertahankan formasi 4-3-3 meskipun mereka kehilangan Simone Zaza dan Patrick Cutrone karena cedera.

Lantaran stok penyerang tidak memadai, Mancini terpaksa harus menggunakan false nine. Artinya, Italia bermain tanpa striker murni sehingga mereka lebih mengandalkan para pemain dengan naluri menyerang untuk menciptakan ruang, peluang, atau bahkan mencetak gol.

Nah, Bernardeschi akan mengemban tugas tersebut. Winger berusia 24 tahun milik Juventus ini dinilai bisa memainkan peranan sebagai pembongkar pertahanan lawan. Dia didamping Insigne (Napoli) dan Chiesa (Fiorentina).

 

Di lini tengah, Mancini kembali menurunkan Jorginho yang sebelumnya tampil melawan Portugal pada September lalu. Gelandang Chelsea itu akan ditemani playmaker Paris Saint-Germain Marco Verratti dan pemain berusia 21 tahun milik Cagliari, Nicolo Barella.

Sementara itu pemain AS Roma, Alessandro Florenzi, yang kembali dari cedera dipercaya mengisi posisi bek kanan. Cristiano Biraghi (Fiorentina) menjaga pos bek kiri sedangkan jantung pertahanan dipercayakan kepada duo Juventus, Leonardo Bonucci dan Giorgio Chiellini.

Mancini juga sudah memberikan konfirmasi bahwa penjaga gawang AC Milan, Gianluigi Donnarumma, akan menjadi palang pintu Azzurri.

Comments