Lionel Messi Masih Bisa Menangi Piala Dunia, tetapi…

Mantan pelatih Argentina, Jorge Sampaoli, percaya bahwa Lionel Messi masih bisa mewujudkan mimpinya untuk mengangkat Piala Dunia pada 2022 jika negara itu tidak membelok dari proses.

Sampaoli telah berbicara untuk pertama kalinya sejak diberhentikan oleh Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA) setelah hanya bisa membawa Albiceleste pada babak 16 besar Piala Dunia 2018 di Rusia saat gugur di tangan Prancis.

Ditanya apakah Messi, yang akan berusia 35 tahun ketika Piala Dunia 2022 berlangsung di Qatar, dapat memenangi gelar, Sampaoli mengatakan, “Tentu saja dia bisa, tetapi ini membutuhkan proses, mempertimbangkan apa yang telah terjadi hingga sekarang.”

“Proses jangan sampai rusak, terus evaluasi. Untuk Piala Dunia atau Copa America berikutnya, perlu ada organisasi, kepercayaan tanpa batas, dan tahu apa yang dibutuhkan proses,” ujarnya, Selasa (9/10/2018).

“Dengan kata lain, jika tidak menjuarai Copa America, kami perlu untuk mempertahankan proses itu dan tidak mematahkannya,” ujarnya.

Sampaoli mengatakan itu adalah hal istimewa untuk bisa melatih pemenang Ballon d’Or lima kali meskipun hanya selama 13 bulan.

“Itu luar biasa,” kata Sampaoli tentang Messi.

“Terutama melihat dia begitu berkomitmen, sangat menderita ketika kami tidak menang. Pemain terbaik dalam sejarah sangat berkomitmen. Leo Messi menderita seperti orang lain, itu adalah beban besar baginya untuk tidak bisa melampaui sebagai tim,” katanya.

Comments