Tersingkir dari timnas Prancis, Kondogbia bela Afrika Tengah

Kondogbia

Gelandang asal Prancis, Geoffrey Kondogbia, memutuskan untuk membela tim nasional Republik Afrika Tengah. Langkah ini diambil setelah dia tersingkir dari skuad timnas Prancis yang diperkuat sejak Agustus 2013.

Pemain Valencia tersebut berpotensi melakukan debut pada pekan ini ketika Afrika Tengah menghadapi Pantai Gading. Kedua tim akan berlaga dalam ajang Kualifikasi Piala Afrika 2019 yang berlangsung pada 12 dan 16 Oktober 2018.

Sejatinya, Kondogbia lahir di Nemours, Prancis. Pemain berusia 25 tahun ini memulai karier di negara tersebut dan sempat menorehkan prestasi bersama tim junior Prancis ketika menjadi juara Piala Dunia U-20 edisi 2013.

Namun, rekan seangkatan Paul Pogba ini mengalami nasib kurang bagus lantaran tidak mendapat kepercayaan membela timnas senior Prancis. Kondisi yang bertolak belakang dialami Pogba, yang justru termasuk pemain kunci saat mengantar Les Bleus juara Piala Dunia 2018.

Secara keseluruhan, Kondogbia hanya tampil dalam lima pertandingan sejak melakukan debut internasional pada Agustus 2013 saat Prancis bermain imbang tanpa gol melawan Belgia dalam laga uji coba. Fakta ini yang mendorong mantan pemain Inter Milan itu memutuskan membela Afrika Tengah, yang merupakan tanah leluhurnya, seperti dilaporkan Sportmediaset.

Meskipun pernah membela Prancis, Kondogbia boleh pindah tim karena sejauh ini dia tak melanggar aturan FIFA. Pasalnya, seluruh penampilannya bersama timnas senior Prancis terjadi dalam laga persahabatan atau non-kompetitif.

Comments