Mbappe bikin sejarah saat cetak gol ke gawang Islandia

Penyerang muda timnas Prancis, Kylian Mbappe, tampil impresif ketika Perancis melakoni uji coba melawan Islandia di Stade de Roudourou, Guingamp, Kamis (11/10/2018) atau Jumat dini hari WIB. Bintang Paris Saint-Germain (PSG) ini menyelamatkan juara Piala Dunia 20918 tersebut dari kekalahan.

Dalam laga tersebut, Mbappe tidak menjadi starter. Pelatih Prancis, Didier Deschamps, menurunkan mantan penyerang AS Monaco tersebut pada paruh kedua, tepatnya menit ke-60, ketika Les Bleus tertinggal 0-2.

 

Kehadiran membuat Prancis bermain lebih agresif. Tembakan pemain muda terbaik Piala Dunia 2018 ini memicu gol bunuh diri Holmar Oern Eyjolfsson pada menit ke-86 sebelum dia yang membuat gol penyama lewat titik penalti pada menit ke-90.

Gol saat pengujung laga itu menjadi spesial karena merupakan koleksi ke-10 Mbappe bersama tim senior Prancis saat dia masih berusia 19 tahun. Dengan demikian, Mbappe membuat rekor sebagai pemain pertama yang mencetak 10 gol bagi Prancis sebelum berusia 20 tahun.

Itu artinya, Mbappe mengalahkan sejumlah legenda Prancis seperti Thierry Henry, Michel Platini dan Zinedine Zidane.

Tengok saja statistik para legenda tersebut. Henry, yang hingga saat ini berstatus top skor sepanjang masa Prancis, membuat gol ke-10 pada tahun 2001 ketika berusia 23 tahun, begitu juga dengan Platini, yang mencetak gol ke-10 buat Prancis pada tahun 1978, ketika berusia 23 tahun.

Sementara itu David Trezeguet mengemas gol ke-10 pada tahun 2000 ketika dirinya berumur 22 tahun. Lain lagi dengan Zidane yang malah mencetak gol ke-10 ketika sudah 26 tahun pada 1998.

Comments