Cedera bikin Van der Vaart gantung sepatu

rafael van der vaart_TWITTER

Rafael Van der Vaart resmi menyatakan gantung sepatu alias pensiun. Cedera berkepanjangan menjadi alasan utama di balik keputusan pemain berusia 35 tahun asal Belanda tersebut.

Van der Vaart bergabung dengan klub Liga Denmark, Esbjerg, sejak Agustus 2018. Namun, mantan pemain tim nasional Belanda tersebut baru merumput selama 55 menit di Danish Superliga karena lebih banyak menjalani perawatan.

“Saya harus berhenti sekarang. Saya tidak ingin di sini hanya untuk terus melakukan pemulihan, tetapi untuk bermain sepak bola,” ujar Van Der Vaart kepada De Telegraaf dikutip dari Four Four Two, Senin (5/11/2018).

Peraih 109 caps bersama timnas Belanda ini pun mengaku ingin terus bermain hingga tua. Namun, kondisi yang dihadapi sekarang mengharuskan dia lebih cepat gantung sepatu.

&nbsp

“Saya hanya bisa bersyukur karena selama bertahun-tahun diizinkan bermain bola. Saya juga bisa merasakan dukungan fans Amsterdam Arena, Volksparkstadion, White Hart Lane hingga Santiago Bernabeu,” ujarnya.

“Selama bertahun-tahun, saya bisa bermain sepak bola dan melawan begitu banyak pemain hebat di stadion paling indah. Saya tidak pernah berani memimpikan itu sebagai seorang anak muda.”

Van der Vaart merupakan jebolan akademi Ajax. Setelah itu dia meninggalkan Ajax pada Juli 2005 untuk bergabung dengan Hamburg SV, lalu memperkuat Real Madrid (Agustus 2008), Tottenham Hotspur (2010), Real Betis (2015), FC Midtjylland (2016) sebelum pindah ke Esbjerg fB.

Di level timnas, Van der Vaart pernah memperkuat Belanda dalam Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Kala itu mereka berhasil mencapai final sebelum ditaklukkan Spanyol.

Comments