Pep: “Man City lupa cara bermain”

Pep Guardiola secara mengejutkan menyebut anak asuhnya lupa cara bermain saat dikalahkan Basel di leg kedua babak 16 besar Liga Champions. Meski demikian, tim Manchester biru itu tetap lolos ke perempat-final dengan agregat 5-2.

Pelatih asal Katalunya, Pep Guardiola, mengistirahatkan beberapa pemain kuncinya, termasuk Kevin De Bruyne, Sergio Aguero, Nicola Otamendi, dan Ederson saat menjamu Basel.

Tidak hadirnya pemain andalan Guardiola itu turut memberikan perubahan signifikan cara bermain. Pep mengatakan bahwa anak asuhnya telah lupa cara menyerang, khususnya di babak kedua.

City sebenarnya berhasil membuat 977 operan, berbanding 249 kali yang dibuat tim lawan. Namun, Guardiola mengatakan bahwa taktik tak berjalan sempurna karena pemain tidak memiliki tujuan.

“Mulai besok kami akan sangat senang lolos ke perempat-final untuk kali kedua bagi klub ini jadi adalah hal baru bagi kami dan tentu saja kami sangat senang akan hal itu,” ujar Guardiola pasca laga.

“Di babak pertama kami bermain cukup bagus, namun di paruh kedua kami lupa untuk menyerang, kami lupa cara bermain. Kamu harus mengoper bola untuk menyerang. Hanya oper-mengoper tak menghasilkan apa pun. Di babak kedua sangat, sangat buruk.”

Sementara itu, ia juga memuji penampilan dari Gabriel Jesus yang mencetak gol untuk kali pertama sejak pertengahan November. Ia juga memberikan kredit tersendiri bagi debutan termuda Liga Champions berumur 17 tahun, Phil Foden.

“Tak mudah untuk bermain dengan skor 0-4. Kami mencoba, kami telah berbicara tentang itu,” tambah Pep. “Di babak pertama, kami membuat banyak peluang hingga 1-0 dan kami sangat bagus.”

“Gol akan memberikan kepercayaan diri Gabriel (Jesus) meningkat. Foden juga sangat baik. Di babak kedua ia mungkin hanya seorang bersama Leroy (Sane) yang mencoba untuk agresif dan melakukan sesuatu.”

Comments