Meski dikecewakan, Mata tetap dukung VAR

Gelandang Manchester United, Juan Mata, tetap mendukung keberadaan Video Assistant Referee meski dikecewakan saat golnya dianggap offside saat MU berhadapan dengan Huddersfield.

Gol gelandang asal Spanyol itu dianulir wasit saat Setan Merah berhadapan dengan Huddersfield di babak kelima Piala FA, Sabtu lalu. Banyak suporter beranggapan tayangan ulang di televisi tidak memperlihatkan Mata dalam posisi lebih di depan dari bek lawan.

Meski kecewa dengan insiden tersebut, Mata tetap mendukung penggunaan teknologi VAR yang membantu tugas wasit itu.

“Banyak yang mengatakan tentang gol yang kucetak dan dianulir oleh VAR. Itu yang pertama kali bagiku, pengalaman baru,” tulisnya di blog pribadinya juanmata8.com.

“Yang terjadi adalah, ketika kamu merayakan gol, kamu terkejut dan kecewa (seperti yang bisa kamu lihat di mukaku), tetapi untungnya, gol itu tidak dibutuhkan untuk mengejar kemenangan.”

“Seperti yang kuucapkan pada pewawancara setelah pertandingan, bahkan jika waktu itu tidak menguntungkan kita, aku masih memikirkan bahwa di masa depan VAR akan banyak membantu tugas wasit, yang selalu memiliki momen-momen sulit. Dan akhirnya akan membawa keadilan di sepak bola.”

“Mengingat keputusan yang tidak adil dan salah itu mungkin akan memberikan konsekuensi yang signifikan (degradasinya sebuah tim, dipecatnya seorang pelatih, dll). Aku mengerti bahwa kita harus membuat hasil akhir seadil mungkin, dan itu di mana aku berpikir kegunaan VAR akan banyak membantu.”

“Teknologi bisa membantu sepak bola untuk lebih adil, utamanya saat ini ketika hasil adalah yang terpenting (kita bisa menuliskan sebuah buku untuk subyek ini :-)). Aku percaya, meski teknologi seperti itu harus dibatasi di beberapa kasus penting yang krusial di dalam pertandingan (untuk menghindari banyak gangguan), dan ketika keputusan akhir harus memakan waktu yang lebih sedikit dan lebih jelas daripada Sabtu lalu.”

Comments