FITUR: Wawancara dengan Anouk Hoogendijk, Mantan Pemain Arsenal dan Timnas Wanita Belanda

Siang itu cukup terik, matahari mulai meninggi. Saya bersama Steven, seorang teman yang merupakan penggemar sepakbola wanita, sengaja mendatangi lapangan futsal dari salah satu sekolah menengah di kota Bandung. Beberapa hari sebelumnya, saya melihat unggahan Steven bahwa akan ada coaching clinic yang melibatkan federasi sepakbola Belanda (KNVB) yang diwakili oleh mantan pemain tim nasional wanita mereka, Anouk Hoogendijk.

Kedatangan para ahli dari Belanda ini memang merupakan bagian dari dokumenter proyek KNVB World Coach tentang football grassroot di berbagai belahan dunia. Perantaranya adalah pelatih wanita muda berbakat asal Indonesia yaitu Sicilia Setiawan. Anouk adalah duta besar KNVB World Coaches dan Sicilia adalah pelatih jebolan KNVB dan AFC yang menyambi sebagai pelatih utama tim Futsal Inspire FC sekaligus pembimbing tim futsal di sekolah menengah tersebut.

Siang itu, saya mencoba menyapa Noukie – panggilan akrab Anouk Hoogendijk – terlebih dahulu. Tentu saja, untuk memastikan dia meluangkan waktunya untuk kami. Setelah ia sudah tak terlibat lagi di lapangan, ia mencoba mengajak saya berbicara. Saya menunjukkan ID card saya dan dia cukup excited bahwa kami pers dari Indonesia, meluangkan waktunya untuk sekadar melakukan wawancara saat itu.

Berbicara Anouk Hoogendijk, ia pernah membela beberapa klub top Eropa semacam Arsenal Ladies ataupun Ajax Amsterdam Vrouwen semasa kariernya. Ia juga pernah tampil di Piala Eropa Wanita dan juga Piala Dunia Wanita pada 2015. Sayangnya, saat skuat timnas Belanda wanita menjuarai Piala Eropa 2017, ia sudah memutuskan pensiun beberapa bulan sebelumnya.

Membuka percakapan, saya coba menunjukkan foto kesebelasan Combinatie Sportclub Wilnis, salah satu klub kecil di Belanda kepada Noukie. Ia terkejut dan beberapa rekan dari KNVB World Coaches pun terkejut. Mereka menanyakan darimana saya mendapatkan foto tersebut. Saya menjawabnya singkat; hasil riset dari salah satu web berbahasa Inggris.

Combinatie Sportclub Wilnis (CSW) adalah klub masa kecil Noukie. Foto ini adalah hasil remake dari foto sekitar 20 tahun yang lalu. Beberapa anggota sudah tak ada dan hanya tersisa beberapa saja.

Comments