Insiden “handball”, Ernesto Valverde lindungi Samuel Umtiti

Insiden kontroversial mewarnai kemenangan tipis Barcelona atas Deportivo Alaves.

Barcelona berhasil meraih kemenangan tipis 2-1 atas Deportivo Alaves, dalam lanjutan La Liga Spanyol jornada 22, Senin (29/1) dini hari WIB.

Kemenangan yang membuat Barca makin kukuh di puncak klasemen sementara La Liga itu ditentukan oleh gol tendangan bebas Lionel Messi, enam menit jelang berakhirnya laga.

Namun kontroversi mewarnai tatkala para pemain Alaves melancarkan protes keras pada wasit pemimpin laga, atas handball yang mereka klaim dilakukan Samuel Umtiti di kotak penalti Barca pada menit-menit akhir duel.

Menanggapi kontroversi tersebut pelatih Barca, Ernesto Valverde, lantas memberikan perlindungan pada Umtiti. Dia memandang insiden itu masuk dalam golongan handball pasif yang tak layak diganjar pelanggaran.

“Selain memotong tangannya, kami tak bisa melakukan apapun. Saya kira itu bukan sesuatu yang disengaja, namun masing-masing pihak bisa melihatnya dari sudut pandang berbeda,” tutur Valverde, seperti dikutip AS.

“Kadang bola sudah masuk dan wasit tak mengakui, namun di situasi lain itu bisa terjadi. Mereka memprotes keras soal itu. Umtiti mengatakan dia tak sengaja melakukannya.

“Akan selalu ada kontroversi dan kadang hal tersebut menyakitkan, tapi kadang itu mungkin membantu juga,” pungkasnya.

 

Comments