Kontroversi VAR dan dua kartu merah hiasi kemenangan Chelsea

Kontroversi VAR kembali hadir dalam kemenangan 9 pemain Chelsea atas Norwich City melalui babak penalti dalam lanjutan Piala FA babak ketiga.

Saat waktu tambahan, di mana kedua tim masih dalam kondisi imbang, Willian terjatuh di kotak penalti oleh bek Norwich, Timm Klose. Wasit Graham Scott menyatakan pemain Brasil itu melakukan diving namun video ulang memperlihatkan terjadi kontak yang jelas antar pemain. Penalti tak diberikan.

Phil Neville memberikan pendapatnya: Mengapa punya VAR jika dia tak menggunakannya? Pakailah Graham Scott, untuk dapat memutuskan dengan benar. Jika kamu tak memakainya, hilangkan saja.”

Setelah melalui babak pertama tanpa gol, Michy Batshuayi yang mencatat 50 kali penampilannya bagi The Blues mencetak gol pertamanya sejak Oktober lalu. Memanfaatkan umpan Kenedy yang mengirim umpan dari sisi kanan. Menjelang berakhirnya laga, Norwich City menyamakan kedudukan melalui sundulan Jamal Lewis, setelah menuntaskan umpan Timm Klose.

Dua babak waktu tambahan tak mengubah papan skor. Bahkan Chelsea dibuat frustasi setelah pada babak kedua waktu tambahan, Pedro dan Alvaro Morata menerima kartu kuning kedua. Mereka sama-sama dianggap diving. Akhirnya penentuan pemenang harus melalui adu penalti.

Lima pemain Chelsea yang ditunjuk sebagai algojo penalti, menyelesaikan pekerjaannya dengan baik. Berturut-turut Willian, David Luiz, Azpilicueta, Kante, dan Hazard berhasil membungkam Norwich yang gagal di kesempatan penalti pertama. Norwich hanya bisa mencetak tiga gol dalam babak ini yakni dari Maddison, Marco Vrancic, dan Josh Murphy. Chelsea bertemu Newcastle di babak berikutnya.

 

 

Comments