Gasak Levante, Barcelona kokoh di puncak klasemen

‘Algeria can win AFCON’ – Leicester forward Ghezzal

Barcelona kian kokoh di puncak klasemen sementara La Liga Spanyol usai menggasak Levante dengan skor 3-0 di Camp Nou, Minggu (7/1) malam WIB.

Dengan kemenangan ini, Azulgrana kini unggul sembilan poin atas runner-up, Atletico Madrid, dan 17 angka atas Real Madrid, namun rival abadi itu masih menyimpan dua pertandingan belum dimainkan.

Ousmane Dembele masuk ke dalam starting XI Barcelona untuk pertama kali sejak ia mengalami cedera paha pada pertengahan September lalu, sedangkan dengan suspensi Sergio Busquets, Ivan Rakitic terpilih di sektor gelandang. Ada juga spot sebagai bek tengah untuk Javier Mascherano.

Levante mengawali pertandingan babak pertama dengan cukup bagus. Usaha Jefferson Lerma hanya melambung di atas mistar gawang, sedangkan Emmanuel Boateng dan Cheick Doukoure sempat menghadirkan masalah dengan kecepatan mereka dan pergerakan di pertahanan terakhir Barcelona.

Barcelona akhirnya memecahkan kebuntuan pada menit ke-12 ketika tendangan voli Lionel Messi usai memanfaatkan umpan Jordi Alba membuahkan hasil.

Tiga menit berselang, Barcelona nyaris unggul lagi andai tendangan Luis Suarez dari jarak dekat tidak mengarah tepat kepada Oier Olazabal.

Levante mengancam lewat serangan balik pada menit ke-16. Lerma memiliki kebebasan di dalam kotak penalti Barcelona, namun tendangannya dari posisi yang sangat berbahaya hanya menyamping ke sisi gawang.

Suarez membawa Barcelona unggul lagi pada menit ke-38 setelah memanfaatkan umpan crossing Sergi Roberto dengan tendangan ke pojok atas gawang.

Di awal babak kedua, Ivi Lopez nyaris memperkecil skor untuk Levante dengan tendangan keras dari dekat kotak penalti Barcelona, namun Marc-Andre ter Stegen melakukan penyelamatan bagus.

Ketika pertandingan sudah berjalan satu jam, Dembele memiliki peluang dengan tendangan dari jarak jauh, namun hanya melambung di atas mistar gawang.

Pada menit ke-64, tim tamu nyaris memperkecil skor ketika Jason bekerjasama dengan Shaquell Moore di dalam kotak penalti Barcelona, namun ter Stegen melakukan penyelamatan gemilang.

Di masa injury time babak kedua, Paulinho ikut mencatatkan namanya di papan skor usai memanfaatkan umpan crossing Messi. Barcelona menjadi unggul 3-0.

Susunan Pemain:

Barcelona (4-3-3): Ter Stegen; Roberto (Arnaiz 85′), Mascherano, Vermaelen, Alba; Rakitic, Paulinho, Iniesta (Gomes 76′); Dembele (Semedo 67′), Suarez, Messi.

Levante (4-2-3-1): Oier; Moore, Postigo, Cabaco, Luna; Lerma (Rober 62′), Lukic; Jason (Garcia 83′), Doukoure, Ivi; Boateng (Mesa 74′).

Comments