Gol menit akhir menangkan Liverpool

Butuh 90 menit lebih bagi Liverpool untuk memastikan kemenangannya dalam lawatan ke Turf Moor, Senin (1/1) malam.

Hasil tak pernah kalah anak asuh Jurgen Klopp terus berlanjut kala Liverpool harus bertandang ke rumah Burnley. Nasib bagus menaungi The Reds kala gol Ragnar Klavan di menit 94 menjadi penentu kemenangan ke-12 musim ini.

Klopp hanya memasang Sadio Mane dari kuartet lini serang yang mereka miliki. Sedangkan Sean Dyche memasang skuat terbaiknya. Pertandingan sejatinya berjalan seimbang dengan Burnley menciptakan 12 tembakan, sementara Liverpool mencatat 18 sepakan.

Ashley Barnes membuka peluang bagi tuan rumah di menit sembilan dengan sepakan kaki kirinya yang masih melambung di samping kanan gawang. Liverpool membalasnya dengan usaha Alex Oxlade-Chamberlain delapan menit setelahnya. Sayang, sepakan kaki kanannya masih bisa dimentahkan kiper Nick Pope.

Scott Arfield hampir membawa Burnley unggul di menit 38 andai sepakan mendatarnya dari luar kotak penalti tak melenceng dari gawang Simon Mignolet. Klavan hampir melakukan bunuh diri di menit 44 jika upaya bloknya terhadap tendangan Barnes mengarah sedikit lagi ke gawang. Kejadian itu sekaligus menutup paruh pertama dengan skor sama kuat.

The Reds unggul terlebih dahulu 15 menit setelah babak kedua dimulai. Sadio Mane menjadi pencetak gol bagi Liverpool setelah menerima umpan Trent Alexander-Arnold. Mane yang ada di kotak penalti melakukan kontrol bola cantik sebelum melepaskan tembakan keras ke arah kiri atas gawang.

Butuh waktu lama bagi Burnley untuk menyamakan kedudukan. Adalah Johann Gudmundsson yang mencatatkan angka di menit 87 melalui sundulan setelah menerima umpan Sam Vokes.

Hampir dipastikan berakhir imbang, Klavan menjadi pahlawan bagi anak-anak Liverpool kala ia berhasil mengonversi gol setelah menerima umpan Dejan Lovren. Sebelumnya Lovren meneruskan bola dari situasi set piece dari tengah lapangan.

Hasil ini membuat Liverpool sementara menjauh dari kejaran Arsenal yang hanya meraih hasil imbang di pertandingan melawan West Brom.

Comments