Xavi Hernandez Akui Belum Sanggup Latih Tim Senior Barcelona

Gonjang-ganjing posisi Ernesto Valverde sebagi pelatih skuat utama Barcelona memang sudah mulai dipertanyakan oleh para fans. Dua kali kena comeback di fase gugur Liga Champions Eropa secara berturut-turut adalah alasan utamanya.

Beberapa ide muncul bahwa Valverde lebih baik digantikan oleh Xavi Hernandez saja. Legenda El Barca tersebut memang baru putuskan pensiun selepas membela klub Al-Sadd di tahun ini. Apalagi Xavi juga sangat terobsesi untuk jadi pelatih.

Namun sayangnya, kita takkan bisa lihat racikan El Maestro di tim senior Barca dalam waktu dekat. Ia berujar, “Saya masih tidak melihat diri saya sebagai pelatih tim utama Barca sekarang ini.”

Xavi set to retire – How will Al-Sadd cope without the midfield maestro in AFC Champions League?

“Saya belum melihat diri saya di sana. Saya tidak bisa memulai karir saya sebagai pelatih tim utama Barca, itu tidak normal. Saya harus hati-hati dan sadar bahwa ada banyak tahapan yang harus dilalui,” lanjutnya.

Xavi sendiri memang tampaknya lebih memilih melatih klub Qatar terlebih dahulu. Atau mungkin ia bisa kembali ke Barca sebagai pelatih junior, layaknya sang senior Pep Guardiola dan Luis Enrique dahulu.

“Saya harus membuktikan seperti pelatih, ini adalah tahap baru, saya mulai dari awal, dan sekarang akan sangat sulit untuk kembali ke Barca atau mengambil tim level divisi utama, bukan hanya Barca (tapi juga di tim lain).”

Valverde ‘feels backed by Barcelona’

Comments