Mereka yang Lolos ke Kompetisi Eropa Musim Depan dari La Liga 2018/19

Vidal hails new Real Madrid signing Kubo as ‘very skilled’

Tim paling mengejutkan di La Liga Spanyol 2018/19 ini, bisa dibilang adalah Getafe. Skuat asuhan Jose Bordalas ini sempat nangkring di empat besar dan bermimpi masuk Liga Champions Eropa sebelum petaka pekan terakhir hampiri mereka.

Pada jornada ke-38 akhir pekan lalu, Getafe yang menjamu Villarreal harus rela bermain  imbang 2-2- dan poin mereka tersalip oleh tim lainnya. Getafe sempat unggul 1-0 terlebih dahulu lewat Fransisco Portillo. Vicente Iborra membalas 1-1 dan Nemanja Maksimovic ubah skor lagi jadi 2-1. Tapi pada menit 87, Gerard Moreno bikin petaka buat Getafe dan skor berakhir 2-2 saat itu.

Kegagalan Getafe ini membuat Valencia melesat ke posisi empat pasca menekuk Valladolid di laga terakhir. Gol Carlos Soler dan Rodrigo memastikan kubu Los Che kembali ke kompetisi elit Eropa pasca absen beberapa waktu lalu.

Pada perebutan satu jatah terakhir Europa League (peringkat ketujuh La Liga) lewat jalur kualifikasi, ada perebutan sengit antara Espanyol dan Athletic Bilbao. Klub biru-putih asal Katalunya tersebut sukses memang di laga terakhir dengan skor 2-0 atas Real Sociedad. Gol kemenangan dicetak oleh Roberto Rosales dan idola Asia yang baru yaitu Wu Lei.

Pada saat yang bersamaan, Athletic Bilbao kalah dari Sevilla yang sudah memastikan satu tempat di fase grup Europa League musim 2019/20. Bilbao tertahan poinnya 53 (dan sama dengan yang dimiliki Espanyol pasca menang dari Sociedad) namun Espanyol unggul head-to-head karena pernah menang 1-0 dan imbang 1-1 di liga.

Sementara mereka bertarung hingga pekan terakhir, trio raksasa Barca, Atletico dan Real Madrid malah gagal menang di laga terakhirnya. Barca tertahan oleh Eibar 2-2, Atletico imbang oleh Levante dan Real Madrid ditekuk Real Betis dengan skor 0-2. Sedangkan mereka yang terdegradasi musim ini adalah Girona, Huesca dan Rayo Vallecano.

 

Comments