Manchester United Salah Memecat Jose Mourinho

Mantan gelandang Manchester United, Marouane Fellaini, menilai Red Devils salah karena telah memecat Jose Mourinho. Gelandang berpaspor Belgia itu menilai tidak mudah bagi manajer-manajer datang dan membenahi United pasca era Sir Alex Ferguson.

Fellaini, yang saat ini bermain di Shandong Luneng, yakin United membuat blunder memecat Mourinho pada Desember 2018 dan menggantinya dengan Ole Gunnar Solskjaer. Hal itu dibuktikan dengan musim pertama The Special One yang berujung titel Community Shield, Piala Liga, dan Liga Europa.

Jose Mourinho on Champions League final and his future

“Mereka mendatangkan salah satu manajer terbaik dalam diri Jose Mourinho. Dia ingin membangun tim, lalu mereka memecat dia. Tidak mudah membangun tim pada saat itu. Butuh waktu lebih dari dua tahun,” kata Fellaini, melansir dari Telegraph.

“Mourinho, pada musim pertamanya telah melakukan hal luar biasa. Dia meningkatkan tim dan meraih sesuatu. Musim kedua memang lebih sulit, tapi dia berusaha. Dia melakukan yang terbaik untuk menolong tim. Lalu, mereka memecat dia,” lanjutnya.

Mourinho melatih Man United selama dua tahun (2016-2018). Di musim pertama ia membawa United meraih tiga trofi, lalu di musim kedua sukses mengakhiri musim di urutan dua Premier League (di bawah Manchester City).

Kini nasib Man United berada di kondisi yang buruk. United hanya terpaut dua poin dari tim zona degradasi Premier League dari delapan laga yang sudah berlangsung. Plus, skuat United tidak memiliki kedalaman tim yang bagus.

Namun Fellaini tak menyalahkan Solskjaer. Eks pemain Everton justru menyalahkan petinggi klub karena tidak becus menangani klub, khususnya dalam memilih manajer. Sejak ditinggal Ferguson pada 2013, United telah ditangani oleh David Moyes, Louis van Gaal, Mourinho, dan kini dengan Solskjaer.

“Manchester United memenangkan segalanya selama bertahun-tahun bersama Sir Alex Ferguson. Tak akan mudah bagi orang lain untuk datang dan melakukan hal yang sama. Orang-orang dan para suporter ingin hal itu, tapi sepak bola telah berubah, mentalitas para pemain pun begitu,” pungkas Fellaini.

Comments