FITUR – Wacana Piala Dunia 2034 di ASEAN: Stadion yang Akan Memenuhi Syarat untuk Jadi Tuan Rumah

Wacana memberikan bidding/tawaran resmi bersama dari negara-negara ASEAN untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034 dikonfirmasi pada 23 Juni 2019 lalu oleh Perdana Menteri Thailand, Prayuth Chan-o-cha.

Meninjau infrastruktur olahraga di Asia Tenggara saat ini, menunjukkan bahwa tujuh negara ASEAN memiliki fasilitas untuk menjadi tuan rumah, sementara Filipina, Laos dan Brunei Darussalam akan kehilangan kesempatan jika mereka tidak dapat membuat infrastruktur yang lebih baik sebelum Piala Dunia 2034 andai jadi digelar.

Kali ini, FOX Sports Asia melihat stadion yang dapat memenuhi syarat untuk menjadi tuan rumah pertandingan di Piala Dunia 2034, jika bidding/tawaran resmi itu berhasil diterima oleh FIFA…

Indonesia

  1. Stadion Gelora Bung Karno

Setelah digembar-gemborkan sebagai salah satu stadion terbesar di dunia dengan kapasitas 110.000, kapasitas Gelora Bung Karno telah dua kali dikurangi selama renovasi, sekali pada 2006 untuk Piala Asia 2007 dan kemudian sebagai bagian dari restrukturisasi untuk Asian Games 2018 (juga Asian Para Games 2018) silam. Ini adalah markas dari tim sepakbola nasional Indonesia juga terkadang dipakai tim Persija Jakarta dan stadion terbesar berdasarkan kapasitas di negara ini.

Lokasi: Jakarta – Kapasitas: 77.193 – Tahun pembukaan: 1960

  1. Stadion Gelora Bandung Lautan Api

Musim Liga 1 2017 dan 2018 menjadi musim perdana Persib Bandung bermarkas di stadion Gelora Bandung Lautan Api. Ini adalah stadion besar yang dimiliki oleh pemerintah daerah dan kini Persib sendiri kembali bermain di stadion Jalak Harupat untuk Liga 1 2019 karena stadion GBLA sedang ada renovasi di beberapa bagian.

Lokasi: Bandung – Kapasitas: 38.000 – Tahun pembukaan: 2016.

  1. Stadion Gelora Bung Tomo

Diberi nama dari pahlawan nasional Bung Tomo, stadion ini dibangun sebagai pengganti Stadion Gelora 10 November. Ini adalah stadion terbesar ketiga di Indonesia berdasarkan kapasitas dan merupakan markas bagi Persebaya Surabaya.

Lokasi: Surabaya – Kapasitas: 55.000 – Tahun pembukaan: 2010.

  1. Stadion Gelora Sriwijaya

Juga dikenal sebagai Stadion Jakabaring Palembang, dibangun untuk menjadi tuan rumah Pertandingan Nasional Indonesia 2004. Dinamakan ‘Sriwijaya’ untuk menghormati Kerajaan kuno Indonesia yang terkenal, dan stadion ini adalah kandang  bagi Sriwijaya FC, yang baru-baru ini degradasi ke divisi Liga 2 Indonesia. Dengan kapasitas hanya 23.000, stadion akan membutuhkan renovasi besar dan menambah kapasitasnya setidaknya 17.000 kursi lagi jika ingin menjadi tuan rumah Piala Dunia.

Lokasi: Palembang – Kapasitas: 23.000 – Tahun pembukaan: 2004

View this post on Instagram

Stadion Gelora Sriwijaya di Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia, merindukan gegap gempita pertandindingan sepakbola bertaraf nasional dan internasional. Menjadi home base klub kebanggaan masyarakat Sumatera Selatan, Sriwijaya FC. . . Stadion berstandar internasional ini akan kembali memanas dalam perjuangan Sriwijaya FC di liga 2 2019. Telah menjadi saksi kesuksesan Sriwijaya FC meraih berbagai tropi di Indonesia, semoga berlanjut tahun ini menjadi saksi menjuarai liga 2 sekaligus promosi ke liga 1. . . #jakabaringsportcity #jakabaring #smartandgreen #gogreen #sriwijayafc #laskarwongkito #kitopacak #sriwijayakitopacak #sriwijayamania #singamania #ultraspalembang #pssi #ligaindonesia #liga2indonesia #liga2 #fifa #afc #aff

A post shared by JAKABARING SPORT CITY (@jakabaringsportcity) on

Comments