Jelang lawan Belgia, Southgate ingin Inggris tiru Jerman

Tim nasional Inggris harus puas memperebutkan peringkat ketiga Piala Dunia 2018. Ambisi menjadi juara turnamen empat tahunan tersebut pupus karena mereka kalah 1-2 dari Kroasia dalam laga semifinal, Rabu (11/7/2018) atau Kamis dini hari WIB.

Menjelang pertemuan melawan Belgia dalam laga perebutan peringkat ketiga di Stadion Saint Petersburg, Sabtu (14/7/2018), manajer Inggris, Gareth Southgate, berusaha memompa semangat Harry Kane dkk. Dia meminta pasukannya meniru semangat Jerman pada Piala Dunia 2006.

Kala itu, ambisi Der Panzer mengangkat trofi di depan publik sendiri pupus di tangan Italia yang menang 2-0 pada laga semifinal, setelah mereka melakoni babak perpanjangan waktu.

Meskipun gagal ke final, Jerman bermain penuh semangat untuk mengalahkan Portugal pada perebutan tempat ketiga. Mereka menang 3-1 dan mendapat sambutan meriah dari suporter dalam penyambutan di Brandenburger Tor, Berlin, Jerman.

“Saya ingat tim Jerman 2006 dan situasi Inggris saat ini mirip dengan mereka. Mereka kembali punya hubungan positif dengan para suporter dan menunjukkan kemajuan nyata hingga terus lolos ke fase gugur turnamen selanjutnya,” ujar Southgate dikutip dari Sky Sports.

“Jerman memang baru juara delapan tahun kemudian, tetapi Inggris ingin seperti Jerman masa itu.”

Southgate menilai tim yang tampil di Rusia sudah menunjukkan perkembangan. Pria 47 tahun ini pun optimistis Inggris akan semakin bagus karena mayoritas pemainnya masih muda.

“Banyak pemain Inggris yang tampil dalam Piala Dunia bermodalkan 4 atau 5 catatan penampilan. Inggris punya banyak pondasi untuk membangun masa depan dan kami akan memastikan hal itu terjadi,” ujar Southgate.

Comments