Taklukkan Inggris 2-0, Belgia Raih Peringkat Ketiga Piala Dunia

Tim nasional Belgia meraih predikat peringkat ketiga Piala Dunia 2018. Dalam laga play-off perebutan posisi tersebut di Saint Petersburg Stadium, Sabtu (14/7/2018), Belgia menang 2-0 atas Inggris.

Ini menjadi hasil terbaik yang pernah diraih Belgia dalam Piala Dunia. Sebelumnya, tim berjulukan Setan Merah ini hanya pernah menjadi peringkat keempat pada Piala Dunia 1986 di Meksiko.

Sedangkan bagi Inggris, hasil ini sungguh menyesakkan. Setelah gagal mengulangi prestasi ketika menjadi juara Piala Dunia 1966 karena kalah 1-2 dari Kroasia di semifinal, mereka kembali harus menelan kekalahan dalam play-off sehingga mengulangi hasil Piala Dunia 1990.

 

Belgia, yang juga menang 1-0 atas Inggris dalam laga penyisihan grup, tidak mendominasi laga. Namun, mereka sudah membuat kejutan ketika Thomas Meunier berhasil menjebol gawang Jordan Pickford pada menit keempat, memanfaatkan umpan Nacer Chadli. Meunier pun tercatat sebagai pemain ke-10 yang mencetak gol bagi Belgia dalam Piala Dunia 2018.

Setelah itu, Inggris, yang mendominasi laga karena meraih 58 persen ball possession, terus memberikan tekanan. Namun hingga turun minum, The Three Lions tak mampu mencetak gol.

Pada babak kedua pun Inggris tetap dominan dan melakukan 13 usaha di mana enam tembakan tepat sasaran. Lagi-lagi dewi fortuna tak menaungi Inggris, yang justru kebobolan lagi pada menit ke-82 lewat aksi Eden Hazard. Gol tersebut membuat Hazard terlibat dalam tujuh gol Belgia di Piala Dunia (3 gol dan 4 assist), sama seperti yang pernah dibikin Jan Ceulemans pada Piala Dunia 1966.

Hingga wasit meniup peluit panjang, tak ada lagi gol yang tercipta. Kemenangan menjadi milik Belgia yang berhak meraih predikat peringkat ketiga dan menerima hadiah 24 juta dollar AS (sekitar Rp 345,129 miliar) sedangkan Inggris sebagai peringkat keempat memperoleh 22 juta dollar (sekitar Rp 316,368 miliar).

Comments