Daftar 11 kandidat Pelatih Terbaik FIFA 2018

Federasi sepak bola dunia, FIFA, mengumukan 11 kandidat peraih gelar pelatih terbaik dunia 2018. Massimiliano Allegri menjadi satu-satunya pelatih klub Serie A yang masuk dalam persaingan.

Allegri masuk nomine karena keberhasilannya membawa Juventus meraih dua gelar domestik dalam empat musim secara beruntun. Sayang, keberhasilan Eusebio Di Francesco membawa AS Roma menembus semifinal Liga Champions pada musim lalu belum cukup membawanya masuk daftar ini.

Zinedine Zidane pun masuk daftar. Dia sukses membawa Real Madrid juara Liga Champions untuk kali ketiga secara beruntun pada musim lalu, sebelum memutuskan mundur dari jabatannya pada akhir musim 2017-2018.

 

Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, dan pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone, juga ada di dalam daftar. Para pelatih empat klub tersebut akan bersaing para nakhoda yang menunjukkan kinerja bagus pada Piala Dunia 2018.

Pelatih timnas Rusia, Stanislav Cherchesov, masuk nomine setelah membawa timnya menembus perempat final Piala Dunia 2018 sebelum dikalahkan Kroasia lewat adu penalti. Pelatih Kroasia, Zlatko Dalic, yang membawa timnya menembus final, juga masuk persaingan bersama Didier Deschamps (Prancis).

11 pelatih yang masuk nomine mendapatkan penilaian sejak 3 Juli 2017 hingga 15 Juli 2018. Mereka dipilih oleh panelis FIFA yang berisi para pemain legenda seperti Ronaldo Nazario, Didier Drogba, Kaka dan Frank Lampard.

Daftar 11 nomine pelatih terbaik FIFA Awards:

Massimiliano Allegri (ITA) – Juventus
Stanislav Cherchesov (RUS) – Timnas Rusia
Zlatko Dalic (KRO) – Timnas Kroasia
Didier Deschamps (PRA) – Timnas Prancis
Pep Guardiola (SPA) – Manchester City
Jurgen Klopp (JER) – Liverpool
Roberto Martinez (SPA) – Timnas Belgia
Diego Simeone (ARG) – Atletico Madrid
Gareth Southgate (ING) – Timnas Inggris
Ernesto Valverde (SPA) – Barcelona
Zinedine Zidane (PRA) – Real Madrid

Comments