Novak Djokovic Juara US Open

Novak Djokovic berhasil mengatasi perlawanan Juan Martin Del Potro di final US Open (10/9) lewat pertandingan yang cukup menghibur. Petenis Serbia itu memenangkan gelar Grand Slam ke-2 nya di tahun ini setelah berusaha keras kembali dari cedera yang memaksanya absen tahun lalu.

Lewat 3 set, 6-3, 7-6(4), 6-3 petenis 31 tahun tersebut berhasil meraih gelar US Open ketiga sepanjang karirnya. Djokovic tampil dominan sejak awal pertandingan namun Del Potro sempat merepotkan Djokovic di set kedua. Del Potro yang baru mencicipi lagi final Grand Slam berupaya keras memberi perlawanan.

Namun seperti sudah diprediksi berbagai kalangan, Djokovic lebih unggul. Kini ia sudah mengoleksi 14 gelar Grand Slam menyamai torehan yang diperoleh petenis legendaris Pete Sampras.

“Saya ingin berkata, Pete saya mengaggumimu, kamu adalah idola saya,” ujar Djokovic saat ditanya tentang pencapaian rekornya itu.

Kemenangan di Arthur Ashe Stadium itu sekaligus makin mendekatkan Djokovic pada catatan gelar Grand Slam milik Rafael Nadal. Kini ia terpaut 3 gelar Slam lagi untuk menyamai catatan Nadal dan 6 lagi dibawah Roger Federer.

Kemenangan Djokovic ini sekaligus makin menegaskan dominasinya dari Del Potro. Ini menjadi kemenangan ke-15 Djokovic atas petenis Argentina tersebut.

Sementara di sisi Del Potro kekalahan ini cukup menyakitkan mengingat sulitnya ia menembus final setelah 9 tahun. Del Potro juga harus berjuang mengatasi cedera layaknya Djokovic.

“Waktu saya menjalani operasi saya bisa merasakan yang sama dengan apa yang dijalani Del Potro. Dimana kita harus absen dari kejuaraan dua sampai 3 tahun,” ujar Djokovic soal cedera.

Terlepas dari rasa simpatinya,Djokovic kini menempatkan kembali persaingan The Big Four para petenis pria walau Andy Murray belum bisa diperhitungkan. Setidaknya, Federer dan Nadal kembali terusik peringkatnya.

Comments