Jose Calderon Pensiun Dari NBA

FOXSPORTS.CO.ID – Point Guard Toronto Raptors, Jose Calderon, memutuskan pensiun setelah 14 musim berkarier di NBA. Pemain asal Spanyol itu telah 20 tahun berkarier sebagai pemain basket profesional, tapi 70 persen kariernya dihabiskan di NBA.

Calderon sempat membela tiga tim di Liga Basket Spanyol, yakni Alicante, Fuenlabrada, dan Baskonia, sebelum akhirnya hijrah ke NBA dengan bergabung Toronto Raptors pada 2005.

Pada tahun 2013, Calderon dikirim oleh Toronto Raptors ke Detroit Pistons. Setelah itu, dia menghabiskan waktu bersama Dallas Mavericks, New York Knicks, LA Lakers, Atalanta Hawks, dan Cleveland Cavaliers.

Mark Wahlberg gets JNBA star Jimmy Butler to be his daughter’s basketball coach

Sebelum memutuskan pensiun, Calderon melakukan perjalanan karier terakhirnya dengan kembali ke Detroit Pistons pada musim 2018-2019. Selama 14 musim berkarier di NBA, Calderon telah memainkan 895 pertandingan dengan rata-rata 8,9 poin, 2,4 rebound, dan 5,8 assist.

Calderon tidak pernah memenangi gelar NBA. Dia nyaris mengangkat trofi juara bersama Cleveland Cavaliers pada musim 2017-18. Sayangnya, Cleveland Cavaliers takluk 4-0 oleh Golden State Warriors di Final NBA.

Namun, Calderon sudah menikmati kesuksesan di panggung internasional bersama timnas Spanyol. Calderon membantu timnas Spanyol memenangi gelar Piala Dunia FIBA pada 2006, dua medali perak Olimpiade pada 2008 dan 2012, serta perunggu pada 2016.

Comments