Federer sabet penghargaan Overseas Sports Personality of the Year 2017

Petenis tunggal putra dari Swiss, Roger Federer, menyabet penghargaan Overseas Sports Personality of the Year 2017 yang diberikan oleh BBC. Ini menjadi yang keempat bagi pemain nomor dua dunia tersebut setelah tahun 2004, 2006 dan 2007.

Federer menang dalam hasil voting publik di daratan Inggris Raya. Pemain 36 tahun tersebut mengalahkan lima nominee lainnya yakni Tom Brady (atlet NFL asal Amerika Serikat), Katie Ledecky (atlet renang AS), Tatyana McFadden (atlet disabilitas Rusia), Sally Pearson (atlet atletik Australia) dan Michael van Gerwen (atlet dart Belanda).

Sejauh ini, baru ada dua atlet yang mampu meraih penghargaan tersebut sebanyak tiga kali. Legenda tinju dunia dari Amerika, Muhammad Ali dan mantan pelari Jamaika, Usain Bolt, yang mengukir prestasi tersebut.

“Penghargaan ini membuat saya sangat bangga karena publik Inggris Raya telah memilih saya sebagai sosok BBC Overseas Sports Personality of the Year,” ujar peraih 19 gelar grand slam ini seperti dikutip dari BBC, Jumat (15/12/2017).

“Dukungan yang diberikan publik Inggris Raya setiap kali saya berada di sini merupakan hal luar biasa dan untuk bisa dikenal sebagai salah satu dari sekian banyak atlet hebat membuat saya merasa terharu.”

Meski usianya tak muda lagi, Federer masih menunjukkan performa gemilang di lapangan. Pada tahun 2017, pemain dengan julukan FedEx ini merengkuh trofi Australia Terbuka dan Wimbledon.

Federer dan sosok pemenang lain akan menerima penghargaan tersebut dalam acara yang akan berlangsung di Echo Arena, Liverpool, Minggu (17/12/2017).

Comments