Federer unggulan utama Wimbledon 2018

Roger Federer menjadi unggulan utama pada Wimbledon 2018. Sementara itu petenis nomor satu dunia, Rafael Nadal, ditempatkan sebagai unggulan kedua grand slam lapangan rumput ini.

Federer datang ke All England Lawn Tennis Club di London, Inggris, dengan status juara bertahan. Pemain 36 tahun asal Swiss ini sangat serius mempersiapkan diri untuk mewujudkan tekad meraih gelar kesembilan Wimbledon, sehingga dia melewatkan musim lapangan tanah liat.

Ya, peraih 20 gelar grand slam ini memutuskan absen dalam semua pertandingan lapangan tanah liat yang bermuara pada French Open. Berbeda dengan Nadal, yang justru fokus di arena tanah liat sehingga bisa menjadi juara French Open 2018 sekaligus merengkuh gelar ke-11 Roland Garros.

Federer baru saja lengser dari posisi teratas ranking ATP. Kegagalan menjadi juara Halle Open pada Minggu (24/6/2018) menjadi penyebabnya karena dia gagal mempertahankan 500 poin.

Sepekan sebelumnya, Federer melewati Nadal, yang memutuskan absen dalam beberapa pertandingan lapangan rumput setelah melewati perjuangan panjang di lapangan tanah liat. Keberhasilannya menembus semifinal Stuttgart Open (dan akhirnya menjadi juara) membuat Federer menggeser sang rival dari Spanyol itu.

Di bawah Federer dan Nadal ada petenis Kroasia, Marin Cilic, disusul Alexander Zverev (Jerman) dan Juan Martin del Potro (Argentina), yang masuk daftar lima besar unggulan Wimbledon 2018.

Sementara itu mantan petenis nomor satu dunia asal Serbia, Novak Djokovic, cuma berstatus unggulan ke-12. Dia berada di bawah David Goffin (Belgia) dan Sam Querrey (Amerika Serikat).

Juara Halle Open, Borna Coric, menempati unggulan ke-16. Pemain berusia 21 tahun asal Kroasia ini diprediksi bisa menjadi sandungan jika melihat performanya, termasuk mengalahkan Federer dalam partai final.

Daftar unggulan 20 besar Wimbledon 2018:

1. Roger Federer (Swiss)
2. Rafael Nadal (Spanyol)
3. Marin Cilic (Kroasia)
4. Alexander Zverev (Jerman)
5. Juan Martin del Potro (Argentina)
6. Grigor Dimitrov (Bulgaria)
7. Dominic Thiem (Austria)
8. Kevin Anderson (Afrika Selatan)
9. John Isner (Amerika Serikat)
10. David Goffin (Belgia)
11. Sam Querrey (Amerika Serikat)
12. Novak Djokovic (Serbia)
13. Milos Raonic (Kanada)
14. Roberto Bautista Agut (Spanyol)
15. Diego Schwartzman (Argentina)
16. Nick Kyrgios (Australia)
17. Borna Coric (Kroasia)
18. Lucas Pouille (Prancis)
19. Jack Sock (Amerika Serikat)
20. Fabio Fognini (Italia)

Comments