Federer hanya perlu dua set lagi untuk samai rekor sendiri

Roger Federer belum terbendung dalam kiprahnya di ajang Wimbledon 2018. Sang juara bertahan bahkan belum kehilangan satu set pun dalam perjalanannya menuju babak perempat final.

Terbaru, peraih 20 gelar grand slam ini mengalahkan Adrian Mannarino dengan straight game 6-0, 7-5, 6-4 pada Senin (9/7/2018). Pemain asal Swiss ini tampil dominan pada set pertama dan hanya kehilangan dua poin sebelum skor 5-0. Pertandingan di Centre Court itu dimenanginya dalam waktu 1 jam 45 menit.

Ini merupakan kemenangan set ke-32 secara beruntun bagi Federer dalam grand slam lapangan rumput tersebut atau kemenangan straight game ke-11 secara beruntun di Wimbledon.

 

Mantan petenis putra nomor satu dunia hanya perlu memenangi dua set lagi untuk menyamai rekor kemenangan set beruntun terpanjang yang dicapainya sejak babak ketiga pada 2005 hingga babak final 2006.

“Saya tidak akan tahu bahwa itu terjadi antara 2005 dan 2006, saya merasa seperti rentetan ini terjadi begitu saja. Saya juga senang jika menang semua pertandingan dalam empat set karena membantu saya menghemat tenaga dalam sisa turnamen,” ujar Federer dikutip dari BBC.

Pada babak perempat final, Federer akan bertemu unggulan kelima Kevin Anderson. Petenis Afrika Selatan ini lolos setelah menyingkirkan Gael Monfils.

Kesuksesan Federer diikuti dua rivalnya, Rafael Nadal dan Novak Djokovic. Nadal, pemain nomor satu dunia asal Spanyol, mengalahkan Jiri Vesely straight game 6-3, 6-3, 6-4, sedangkan Djokovic menumbangkan Karen Kachanov dengan skor 6-4, 6-2, 6-2.

Bagi Nadal, ini menjadi perempat final pertamanya sejak 2011. Peraih 17 gelar grand slam ini pun menjaga asa bertemu Federer pada partai final, yang akan menjadi ulangan tahun 2008 yang berlangsung sangat epic.

“Ini momen yang penting bagiku. Saya bahagia berada di tempat sekarang dan bermain dengan baik,” ujar Nadal dikutip dari BBC.

Comments